Bakal Kembali Digelar Di Tanah Datar, Bupati Eka Putra Siap Dukung Pelaksanaan Kongres Bundo Kanduang Sedunia


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Beranjak dari suksesnya pelaksanaan kongres bundo kanduang sedunia pada tahun 2022 yang lalu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali akan dipercaya untuk menjadi tuan rumah pertemuan Kongres Minang dan pertemuan Bundo Kanduang se Dunia pada tahun 2023 ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM usai menghadiri rapat persiapan Kongres Minang dan Pertemuan Bundo Kanduang se Dunia tahun 2023 secara Zoom Metting,  Rabu (10/5) sore di Indojalito didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, dan juga Kabag Umum Ronal Satria.

Kegiatan tersebut akan di pelopori oleh organisasi Minang Diespora dan Bundo Kanduang yang rencananya akan digelar pada bulan Desember mendatang yang sekaligus bertepatan dengan Festival Pesona Minangkabau.

Pada rapat via zoom meeting tersebut juga diikuti oleh tokoh perantau Sumatera Barat Prof. Fasli Jalal, Masykur Chaniago, Burnalis Ilyas,  Bundo Puti Reno Raudha Thaib, Bundo Yenni Halim, Bundo Rosnellly, Bundo Ratna dan bundo Piet dari Florida dengan moderator Enny Warlis.

Bupati Eka Putra menyampaikan, Pemerintah Daerah Tanah Datar siap mendukung kegiatan dilaksanakan kembali di Tanah Datar, sekaligus menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari bundo-bundo terkait terselenggaranya Kongres Bundo Kanduang se Dunia pada tahun lalu.

"Kami Pemerintah Daerah menyambut baik dan siap mendukung sekaligus siap menjadi tuan rumah Kongres Minang dan pertemuan Bundo Kanduang se Dunia untuk kembali dilaksanakan di Tanah Datar, apalagi direncanakan pada bulan Desember 2023. Itu bertepatan juga dengan Festival Pesona Minangkabau, sehingga secara tidak langsung ikut menyukseskan Festival tersebut. Selain itu, peserta Kongres juga bisa menikmati berbagai atraksi kesenian dan kuliner khas tempo dulu," ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, Pemerintah Daerah juga siap untuk berkolaborasi dengan kegiatan yang akan dilaksanakanoleh Minang Diespora dan Bundo Kanduang, dimana di dalam perencanaan Festival Pesona Minangkabau akan dibuka oleh Menteri pariwisata.

Sementatara itu Prof. Fasli Jalal juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas rencana dilaksanakannya pertemuan akbar kolaborasi Minang Diespora dan Bundo Kanduang se Dunia di Tanah Datar.

"Ini perlu persiapan dan perencanaan yang matang, untuk itu mari bersama-sama kita dukung dan sukseskan. Kalau terlaksana tentunya akan menjadi kegiatan luar biasa yang akan membawa dampak positif terhadap persatuan Minangkabau se Dunia," ujarnya.

Hal senada juga katakan Masykur Chaniago. Menurutnya, kegiatan ini tentunya akan terwujud apabila ada kesepakatan bersama "basamo mako manjadi". "Untuk itu kita patut berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Tanah Datar yang telah menyatakan siap menjadi tuan rumah dan mendukung kegiatan ini, yang tentunya akan berdampak luar biasa kepada Luhak Nan Tuo," ujarnya.

Selain itu, Bundo Piet  juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Tanah Datar yang telah berhasil atas terselenggaranya Kongres Bundo Kanduang se Dunia tahun 2022 lalu. "Terima kasih pak Bupati atas sukses pelaksanaan Kongres Bundo Kanduang se Dunia tahun lalu, Saya sangat terkesan dengan pelayanan, tradisi dan kulinernya yang enak," ungkap Bundo Piet dari Florida. (**) 


Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post