Bupati Blitar Adakan Acara Pentasyarufan Kepada Pelaku UMKM Kabupaten Blitar Tahun 2023

Realitakini.com-Kabupaten Blitar
Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah mengadakan acara Pentasyarufan kepada pelaku UMKM Kabupaten Blitar Tahun 2023 .pada hari Jumat (05/05/2023).di Pendopo Hadi Ronggo Negoro( RHN).Hadir dalam acara Pentasyarufan pelaku UMKM, Sekda, Asisten, Staf Ahli, OPD, Pendamping UMKM, Pengiat UMKM dan Undangan.Jumat (05/05/2023)

Bupati Blitar Hj Rini Syarifah mengatakan, berhubung masih bulan Syawal, izinkan saya menyampai kan, minal Aidin wal Faidzin mohon maaf lahir batin kepada bapak/ibu semua, semoga di bulan yang penuh ampunan ini, kita semua kembali fitrah, lebih bijak dan tentunya lebih semangat lagi dalam meng hasilkan karya, produk unggulan, namun saya ingatkan, kita semua harus bersyukur atas karunia dari Allah SWT, Tuhan yang maha esa karena dengan ridhonya, kita masih diberi kesempatan untuk ber silahturahmi dalam keadaan sehat wal Afiat.

“Ini nikmat yang luar biasa, yang benar-benar kita syukuri dan sebagai seorang muslim, sholawat dan salam kita haturkan kepada junjungan nabi Agung Muhammad SAW yang syafaatnya kita nantikan hingga Yaumil akhir,” ucap Rini Syarifah.

Masa pandemi Covid 19 yang melanda dunia, yang yang imbasnya kita rasakan bersama telah mampu kita lewati, saatnya bangkit untuk menata kembali berbagi sektor kehidupan, termasuk bidang ekonomi, salah satunya adalah menguatkan pelaku UMKM agar terus eksis berproduksi, bersaing agar produk diterima oleh pasar, bukan saja lokal, namun harus level internasional, sehingga pada kesempatan ini, negara hadir salah satunya dengan Pentasyarufan kepada pelaku UMKM.

“Mudah mudahan bantuan ini menjadi support bagi panjenengan untuk terus menghasilkan produk yang lebih berkualitas, karena persaingan semakin ketat, sehingga trobosan dan inovasi inovasi harus terus dikembangkan, jangan segan berimprovisasi, jangan lelah dan putus asa, karena perangkat daerah terkait juga akan melakukan pendampingan, misalnya melakukan kegiatan pelatihan, karena kegiatan ini wujud dari keberpihakan pemerintah kepada pelaku UMKM,” jelasnya.

Untuk diketahui bersama bahwa jumplah usaha mikro di Kabupaten Blitar dari tahun ke tahun meng alami peningkatan, tahun 2021 sejumplah 31.059 usaha mikro dan tahun 2022 mencapai 31.475 usaha mikro, ini artinya ada tren kenaikan yang positif, yang perlu dukungan semua pihak, untuk dinas terkait sekali lagi tolong kawal terus mulai perijinan sampai pemasaran.

“Dan yang pasti bapak/ibu pemasaran harus sudah memanfaatkan platfrom digital , bahkan kami sudah memberikan ruang untuk UMKM agar masuk dalam e-Katalog, hal ini juga sebagai tindak lanjut dari seruan Presiden Ribuplik Indonesia, Joko Widodo bahwa minimal 40 persen belanja pemerintah pusat dan Daerah, serta belanja barang dan modal badan usaha milik negara (BUMN) ,ini juga sebagai wujud cinta kita terhadap produk dalam Negeri,” imbuh Bupati Blitar.

Panca bakti ke – 4 yakni pengembangan potensi ekonomi daerah kami wujudkan antara lain melalui kegiatan sambang Desa on village on product (OVOP), Bazar Ramadhan dan even lain yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar, melalui kegiatan kegiatan tersebut, saya berharap jumplah pelaku UMKM meningkat seiring dengan jumplah tenaga kerja yang yang terserap.

“Apalagi diera digital ini, 97% lapangan kerja di Indonesia diciptakan oleh UMKM, untuk itu sekali lagi Monggo kita bergerak bersama, satu frekuensi untuk mendongkrak perekonomian melalui UMKM, semoga para pelaku usaha di Kabupaten Blitar selalu meningkat hasilnya dan sejahtera selalu,” pungkas Bupati Blitar Hj Rini Syarifah. (edy

Post a Comment

Previous Post Next Post