Nagari Padang Sibusuk Siap, Sukses Forum Konsultasi Publik Regsosek

Realitakini.com-Sijunjung
Padang Sibusuk 4 Mei 2023 Guna mitigasi resiko pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) Regsosek yang akan digelar pada hari Rabu 04  Mei 2023, di Ruang pertemuan Nagari Padang Sibusuk. 

Uji coba Forum Konsultasi Publik (FKP) dilaksanakan di Nagari Padang Sibusuk  Kecamatan Kupitan. Hadir dalam kegiatan ini, Kasubbag Umum, Ketua Tim Statistik Sosial, Wali Nagari Padang Sibusuk (Fasilitator) Aprizaldi.D ,SP,  Perwakilan Jorong Asisten Fasilitator, administrator, ketua Lembaga Nagari, tokoh masyarakat/tokoh agama, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Uji coba FKP ini merupakan gambaran nyata dari pelaksanaan FKP yang sesungguhnya. Kita ketahui bersama bahwa data hasil FKP nantinya akan menjadi cikal bakal satu data Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

BPS Sijunjung mengatakan pada sambutan nya  “BPS telah melakukan pendataan sosial ekonomi melalui regsosek (registrasi sosial ekonomi) pada bulan oktober s/d november 2022 dengan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial tetapi juga data sosial ekonomi keluarga yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan yang lebih terarah’’ 

Untuk tahapan selanjutnya Kami menambahkan, Forum Konsultasi Publik Regsosek (Forum Konsultasi Publik Registrasi Sosial Ekonomi) ini juga akan dilaksanakan pada Bulan  Mei 2023 ini . Dengan tujuan untuk memperoleh kesepakatan pada hasil pemeringkatan keluarga pendataan awal Regsosek. 
Melalui Regsosek, perwujudan perlindungan sosial yang Adaptif, akan semakin konkrit.

Lebih lanjut BPS menjelaskan, pihak-pihak yang terlibat di Fkp Regsosek adalah pertama Fasilitator, yang terdiri dari Wali Nagari Kedua Administrator terdiri dari Pegawai BPS, ketiga, peserta terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga desa, babinkamtibmas.

Terakhir pihak BPS Sijunjung menjelaskan "program dan inovasi  dari BPS yaitu, program Nagari Cantik (Nagari Cinta Statistik) adalah program peningkatan kompetensi aparatur Nagari dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan Nagari lebih tepat sasaran serta dengan tujuan mampu mengimplementasikan kaidah Statistik dengan benar pada level terkecil.
Adapun tahapan-tahapan dalam uji coba pada Forum Konsultasi Publik ( FKP ) diantaranya :

- Melakukan Registrasi
- Pembukaan oleh
  Fasilitator
- Pembagian Dokumen
  FKP
- Penjelasan Tata Cara
  Pengisian Daftar
  Regsosek22-FKP
- Verifikasi dan Pengisian
  Daftar Regsosek22-FKP
- Pengecekan Hasil Isian
  Daftar Regsosek22-FKP
- Pengumpulan Daftar
  Regsosek22-FKP
- Penandatanganan Hasil

Dengan adanya Forum Konsultasi Publik (FKP) yang kita lakukan ini kita berharap semoga kegiatan  nantinya dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan data yang berkualitas untuk Kabupaten Sijunjung yang lebih baik dan sejahtera. (Jupri AK)

Post a Comment

Previous Post Next Post