Pemkab Pasaman Maksimalkan DAK Dan DAU Untuk Pembangunan Insfratruktur

Realitakini.com-Pasaman
Pembangunan Insfratruktur  memberikan peranan yang sangat penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat nasional maupun daerah, serta mengurangi pengangguran, mengentaskan kemiskinan dan tentunya meningkatkan kesejahteraan rakyat.Karena itu Pemerintah Kabupaten Pasaman berkomitmen untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur, karena ketersediaan infrastruktur yang handal merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung kegiatan ekonomi maupun pertumbuhan dunia usaha.
Hal tersebut terlihat dalam paparan rumusan visi misi dan 10  agenda program priotitas yang akan dieksekusi dalam masa kepemimpinan Benny Utama - Sabar AS.  Rumusan visi tersebut adalah “Terwujudnya Masyarakat Pasaman Yang Lebih Baik dan Bermartabat”.Salah satu 10 program prioritas tersebut Pasaman Terakses, dalam program ini pemerintah daerah terus memacu pembangunan daerah pinggir di lima kecamatan melalui berbagai program yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan APBD Kabupaten Pasaman.Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pasaman,H.Agusti Awizar, ST me nyampaikan Tahun Anggaran 2023,
Pemkab Pasaman melalui dinas yang di pimpinnya di bidang Bina Marga akan melaksanakan pembangunan Infrastruktur dengan anggaran   berjumlah Rp.81 M.anggarantersebut bersumber dari dari Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) berjumlah Rp.50 M  dan Dana Alokasi Umum(DAU) Rp. 32 M.Agusti Awizar menyebutkan anggaran tersebut untuk pembangunan jalan dan jembatan, anggaran tersebut  untuk pelaksanaan perencanaan, pekerjaan fisik dan perawatan.Sampai saat ini setidaknya 3 (tiga) paket Long Segment (Pemeliharaan Rutin, Pemulihan Berkala, Peningkatan/Rekontruksi) masih dalam tahap review  pemenang berkontrak
Diantaranya Penanganan Long Segment (Pemeliharaan Rutin, Pemulihan Berkala, Peningkatan / Rekontruksi) Jalan Simpang III Benai - Kampung Tengah Kecamatan Mapattunggul dengan nilai pagu paket Rp. 19.426.325.000.Penanganan Long Segment (Pemeliharaan Rutin, Pemulihan Berkala, Peningkatan/Rekontruksi) Jalan Ulu Layang - Muaro Kecamatan Mapattunggul Selatan dengan nilai pagu paket Rp. 22. 949.041.000.00Penanganan Long Segment (Pemeliharaan Rutin, Pemulihan Berkala, Peningkatan/Rekontruksi) Jalan Pintu Padang - Soma Kecamatan Mapattunggul dengan nilai pagu paket Rp. 8. 205.427. 000.00.
Menurut, Agusti Awizar 3 (tiga) paket Long Segment (Pemeliharaan Rutin, Pemulihan Berkala,  Peningkatan/Rekontruksi) yang  bersumber dari Dana Alokasi Khusus, sepenuhnya dilakukan Bidang Bina Marga di Dinas PUPR Kabupaten Pasaman.Pekerjaan itu sepenuhnya dilakukan Bidang Bina Marga di Dinas PUPR. perbaikan jalan dari anggaran DAK tersebut dikerjakan di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Mapattunggul dan Mapattunggul Selatan.Mengakhiri wawancara Agusti Awizar menyampaikan untuk pelaksanaan anggaran DAU akan diproses melalui proses lelang dan penunjukan langsung.Berharap, kegiatan ini bisa dikerjakan dengan lancar dan sukses tanpa ada kendala serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Pasaman dan  untuk tahun anggaran 2024 nanti Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang jalan dapat naik dari tahun ini," tutupnya. (Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post