Pengawasan Perlu Ditingkatkan, Bawaslu Pasaman Koordinasi Bersama Panwascam

Realitakini.com -- Pasaman 
Tahapan pemilihan umum (Pemilu) mulai arungi jalan padat. Partai politik sibuk mempersiapkan jagoan-jagoan mereka untuk diusung. Mulai dari bakal calon presiden hingga bakal calon anggota legislatif maupun kepala daerah.

Begitu juga lah di Pasaman. Satu persatu partai sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti pentas Pemilu. Ini berarti, tugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai memasuki jalan berkerikil dalam melakukan pengawasan.

Ini diakui Bawaslu Pasaman, proses pengawasan bukanlah perkara mudah. Banyak tantangan dan pencegahan yang harus dilakukan agar proses pemilu itu berjalan dengan baik dan sukses.

“Hari ini kami melakukan rapat koordinasi penanganan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu dan peraturan perundang-undangan lainnya bersama Panwascam se Pasaman. Mereka ini terus kami tempa pengetahuannya, agar jalan yang berkerikil dan berbatu ke depan nantinya bisa dilalui,” kata Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita, Kamis (11/5).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lubuk Sikaping itu, menghadirkan pemateri handal dalam bidangnya masing-masing.

“Selain itu kita juga berbagi permasalah-permasalahan yang sejauh ini mereka hadapi di lapangan dengan para Panwascam. Bagi kami, sepanjang Bawaslu Pasaman bisa melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran, itu lebih baik dari pada menangani pelanggaran yang ada,” pungkas Rini didampingi dua orang koordinator divisinya, Mesrawati dan Kristin. (Indral/Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post