Pj Bupati Mentawai Martinus Dahlan Respon Keluhan Masyarakat Desa Saibi, Kecamatan Siberut Tengah,

Realitakini.com-Mentawai 
Setelah seminggu stok BBM jenis pertalite di wilayah kepulauan Mentawai habis  , karean itu  terjadi antrean panjang warga terjadi di pangkalan Agen Premiun dan Minyak Solar (APMS) Sikakap, Senin (01/05/2023)  karena . warga yang takut tidak kebagian Pertalite sudah mengantre sejak pagi sebelum pangkalan BBM buka pukul 08.00 WIB.

Manager APMS Sikakap, Edward Hutagalung mengatakan, pasokan Pertalite terakhir datang 22 April lalu sebanyak 16 ton. Lalu pasokan baru datang 30 April sebanyak 21 ton. “Keterlambatan kapal BBM masuk karena libur Idul Fitri, kapal baru masuk hari Minggu, dan hari ini Pertalite baru bisa kami distribusikan,” kata Edward.

Dia memaklumi animo masyarakat yang ramai di pangkalan karena takut tidak mendapat BBM. “Karena itu kami batasi pembelian Pertalite hanya 200 liter maksimal per orang agar semua mendapat bagian,” katanya. Mereka datang berbondong-bondong membawa jeriken dan drum plastik dengan mobil, sepeda motor, becak maupun boat. Karena banyaknya warga, pihak pangkalan membatasi jatah pembeli khusus pedagang eceran hanya 200 liter maksimal per orang.

Dia menambahkan,Kapal Sumber Jaya 01 yang mengangkut BBM akan datang kembali Rabu( 03/05/2023) membawa Pertalite 79 ton. “Kemaren setelah habis bongkar langsung kembali ke Padang untuk memuat BBM berikutnya,” katanya.Sementara untuk stok minyak tanah dan solar tersedia di APMS Sikakap. Saat ini harga Pertalite di pangkalan Rp10 ribu per liter, solar Rp6.800 dan minyak tanah Rp5.500.Syafri (56), warga Desa Taikako, mengatakan sepeda motornya kehabisan BBM saat ke Sikakap kemaren.

 “Saya terpaksa tidur semalam di terminal boat menunggu minyak dijual, baru hari ini dapat dan motor bsia jalan lagi,” katanya di pangkalan APMS usai membeli BBM.APMS Sikakap merupakan satu-satunya agen penyalur BBM di wilayah Pagai Utara Selatan. Karena itu terputusnya pasokan BBM ke pangkalan ini menjadi masalah yang krusial karena Sebagian besar masyarakat bergantung pada BBM yang ada untuk transportasi darat maupun laut.  Keluhan masyarakat Desa Saibi, Kecamatan Siberut Tengah, juga direspon oleh Pj Bupati Mentawai Martinus Dahlan.Menurutnya soal kapal antar pulau yang pengelolaan nya belum maksimal,bahkan Pemda Mentawai sudah beberapa kali mengupayakan agar terus memperbaki layanan kapal antar pulau. ( Aj-RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post