Petani Dusun Bungo Rayo Panen Raya Padi Huma Di Desa Sinakak

Realitakini.com- Mentawai
Petani Dusun Bungo Rayo di Desa Sinakak, kecamatan Pagai Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatra Barat memasuki musim panen raya padi Huma yang di kembangkan di lahan darat sehingga,  hal itu mampu menyumbang kan ketersediaan pangan masyarakat Sinakak.

"Kami merasa lega panen padi Huma seluas satu hektare itu dgn kondisi baik dan tidak terserang penyakit" kata Feny (40 tahun) seorang petani warga Dusun Bungo Rayo, Desa Sinakak kecamatan Pagai Selatan (12/6/2023).

Petani Bungo Rayo kecamatan Pagai Selatan kini sibuk memasuki musim panen padi Huma dan ber langsung selama dua pekan ke depan . Mereka memanen padi lahan masing-masing jadi jangan kita temukan warga yang berdiam diri di rumah. Ujarnya

Sementara itu kepala Dusun Bungo Rayo, Desa Sinakak kecamatan Pagai Selatan, Tarsan mengatakan selama ini masyarakat Bungo Rayo belum pernah mengalami kelaparan maupun kerawanan pangan. Pasalnya hasil produksi beras dari bercocok tanam tidak di jual .

Tarsan berharap kepada Pemerintah kabupaten kepulauan Mentawai terutama Dinas pertanian untuk mem berikan bantuan kepada masyarakat Sinakak untuk menunjang pertanian dan memberikan pelatihan-pelatihan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, karena selama ini masyarakat mengolah pertanian bersifat manual. Agar kedepannya mendapatkan hasil yang lebih baik.( JR- RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post