Miliki Ikon Pohon Endemik langka, Andaleh Bungo Expo Digelar Tiga Hari


Realitakini.com Tanah Datar                                    -Dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM Andaleh Bungo Expo  Nagari Andaleh kecamatan Batipuh dalam program Satu Nagari Satu Even bakal digelar selama tiga hari dari tanggal 15-17 juli, Sabtu (15/07/2023) di lapangan Sepak Bola Nagari setempat. 

Acara turut dihadiri oleh Forkopimda, OPD, Ketua TP-PKK Lise Eka Putra,  Forkopimca, camat, Tokoh Muda Alex Syaputra, Ketua LKAAM, Wali nagari se Tanah Datar, BPRN, KAN, tokoh masyarakat, Bundo kandung dan undangan lainnya. 

Sebelumnya ketua panitia pelaksana H. H Dt Panduko Basa (Angku ladang) dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati dan semua pihak yang sudah mendukung kegiatan Andaleh Bungo Expo

Dalam sambutannya Wali nagari Andaleh Bahuri, A.Md. Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada bupati yang sudah hadir dan dan kepada panitia pelaksana, masyarakat dan semua pihak yang sudah mendukung kegiatan Andaleh Bungo Expo. 

"Di nagari Andaleh ada juga tanaman langka bunga Raflesia,  yang menjadi ikon nagari adalah kayu Andaleh berdasarkan penelitian dari litbang Riau mengatakan bahwa kayu Andaleh merupahkan kayu terlangkah di Indonesia dan harus memerlukan perawatan khusus namun sekarang pohon Andaleh rimbun daunnya," ujarnya. 

Untuk itu Bahuri berharap pemerintah kepada Pemerintah Daerah untuk mengalokasikan anggaran untuk pembenahan Nagari Andaleh nagari bunga tersebut, Bahuri juga mengajak masyarakat Tanah Datar khususnya untuk membeli bunga ke daerah tersebut. 

Sementara itu mewakili tokoh masyarakat A. Dt Tumangguang dalam sambutannya menyampaikan ucapan Terima kasih kepada Bupati Eka Putra sudah menunjuk nagari Andaleh dalam satu nagari satu even. 

Bupati Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pemerintahan Nagari, Panitia pelaksana, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan masyarakat yang telah mengangkat kearifan lokal bertajuk Andaleh Bungo Expo. 

"Andaleh Bungo Expo merupahkan program dari Satu nagari satu even, ada banyak festival bunga di dunia ini semoga Andaleh Bungo Expo ini diharapkan bisa menjadi terkenal dan mendunia sehingga menarik banyak wisatawan nantinya datang untuk melihat keelokan pesona alamnya dan keindahan aneka bunga-bunganya.," kata bupati 

Menurut bupati itu memerlukan kerja keras dan dukungan dari semua perantau, masyarakat dan media untuk menjadikan Andaleh terkenal di Nusantara dan dunia. 

"Dengan memiliki ikon tanaman endemik yaitu pohon langka yang sudah hampir ribuan tahun yaitu kayu Andalas yang hanya ada di pulau Sumatera itu. Dan pohon itulah yang menamai nagari Andaleh dan dijuluki sebagai nagari bunga yang diberikan oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI pada tahun 2006 silam, " tutur bupati. 

Diakhir sambutannya bupati  mengajak semua unsur, baik pemerintah, swasta atau lembaga lainnya jika ada yang akan membuat taman bunga atau semacamnya agar dapat membeli bunga-bunga indah dari Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh.(**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post