Sumbatan Drainasi Mengakibatkan Banjir


Realitakini.Com-Padang
Banjir tentu ada penyebabnya. Apakah ada aliran yang tersumbat sehingga mengakibatkan genangan air dan berdampak banjir. Itulah yang perlu dibenahi,” kata Zulhardi saat dihubungi melalui selulernya, Rabu (31/5). Dikatakan Zulhardi, bukan hanya drainase dan riol saja yang harus diperbaiki, akan tetapi harus dilihat ke hilir aliran tersebut. Dalam waktu yang cukup dekat, sudah beberapa kali terjadi banjir di Kota Padang. Menurutnya, itu bukan lagi permasalahan drainase, apalagi dengan ketinggian banjir hingga batas pinggang orang dewasa. Pasti kondisi ini ada penyumbatan saluran, apakah di hilir aliran sehingga air terus tergenang dan menyebabkan banjir yang cukup tinggi? Makanya harus dibenahi dari hilir ke hulu bukan dari hulu ke hilir saluran. 

Apakah debit airnya yang tidak tertampung, saluran yang sempit atau tersembat dan sebagainya, tentu PU harus mencarikan solusinya,” ungkap politisi Golkar itu Pada saat banjir itulah, pihak PU harus melihat dan turun ke lapangan untuk mengetahui permasalahannya dan penyebab dimana tersumbatnya aliran air. Saat banjir, petugas BPBD melakukan penanganan banjir, sementara Dinas PU melakukan pantauan lapangan sekaligus kajian.

 Ketua Komisi III DPRD Kota Padang Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Zulhardi Z.Latif berharap Dinas PU melakukan kajian terhadap persoalan banjir di Kota Padang. Saat ini, hujan deras hanya beberapa jam saja membuat Kota Padang digenangi banjir. (W*)
Previous Post Next Post