Politisi Demokrat Menepis Adanya Sumbangan Paksaan Di Sekolah

Realitakini.com-Padang
Pendidikan yang merupakan tolak ukur kemajuan  bang tidak haya harus tangung jawab pemerintah dan guru saja namun dalam melaksanakan pendidikan juga harus ada ikut serta peran orang tua murut .
Azwar Siri Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang mengatakan ,"Kita harus ingat, dunia pendidikan tanpa adanya peran serta dari orang tua murid, itu tidak akan mampu menjadi baik. Maka dalam hal tersebut, pihak sekolah mesti kerjasama dengan orang tua murid. Salah satunya adalah dalam bentuk sumbangan sukarela.dari orang tua murid,namun  tidak boleh dipaksakan," ujar Azwar Siri, (5/10).

Menurutnya, sepanjang tidak dipaksakan, maka sumbangan sukarela tersebut tidakmenjadi masalah, karena disesuaikan kemampuan orang tua wali murid atau siswa."Jumlah sumbangan tentu tidak sama pada setiap murid, disesuaikan dengan kemampuan orang tua mereka. Misalkan, si A 100 dan si B 50,"ujarnya.

Dikatakannya, orang tua murid tentu ingin mengetahui secara transparan sumbangan sukarela yang dipungut untuk apa keguanaanya. "Jika jelas keguanaanya, jelas realisasinya, tentu orang tua murid tak akan keberatan," ujrnnya. Ia pun menapis ada sebagian sekolah yang memaksakan sumbangan kepada siswa. "Cuma kadang-kadang ada yang terkesan dipaksakan, ini tentu tidak boleh. Kalau itu kesediaan atau kemauan, boleh-boleh saja," ujar politisi Partai Demokrat yang dpanggil ayah  ini.(w)

Post a Comment

Previous Post Next Post