BKSP DPD RI Bahas Peluang Kerja Sama Bilateral Dengan Laos

Realitakini.com-Jakarta 
Badan Kerjasama Parlemen DPD RI (BKSP) melakukan rapat kerja dengan Duta Besar Lao People's Democratic Republic (Laos) untuk Indonesia, Phomma Sidsena membahas peningkatan hubungan kerjasama bilateral antara Laos dan Indonesia. 

Wakil ketua BKSP, Maya Rumantir mengatakan kedua negara memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya untuk mempertahankan multilateralisme dan kerjasama bilateral yang terbuka. Adapun, pertemuan hari ini membahas berbagai rencana peningkatan kerjasama diberbagai bidang seperti mem buka peluang investasi di sektor pariwisata hingga diskusi permasalahan sosial terkait keberhasilan Laos dalam meningkatkan pengentasan kemiskinan.

“Indonesia dan Laos memiliki pandangan yang sama dalam mempertahankan multilateralisme yang terbuka dan inklusif selain itu juga Indonesia  pada tahun ini menjadi Ketua ASEAN dengan membawa tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth atau Persoalan ASEAN: Pusat Pertumbuhan,” ujar Maya Rumantir di Gedung DPD RI, Jakarta (12/4/2023).

Senada dengan Maya Rumantir, Senator DPD RI asal Provinsi Nusa Tenggara Barat Sukisman Azmy turut mempromosikan keunggulan pariwisata daerahnya.

"Potensi Pariwisata Nusa Tenggara Barat semakin naik terutama sejak terpilihnya Mandalika sebagai arena penyelenggaraan Moto GP. Untuk itu kami mengajak para investor dari Laos untuk berinvestasi di sektor pariwisata NTB. Selain unggul karena potensi pariwisatanya, saat ini budidaya ikan air tawar di NTB juga sedang dikembangkan secara pesat," tutur Sukisman.

Sukisman menambahkan kerja sama di bidang ekonomi antara Indonesia dan Laos termasuk dalam hal pemenuhan bahan baku pupuk. Mengingat Laos adalah Negara dengan penghasil potasium yang besar.

“Kebutuhan pupuk di Indonesia masih sangat kurang jika dibandingkan dengan luas lahan pertanian di Indonesia seluas 7 juta hektar. Untuk itu MOU kerja sama pemenuhan bahan baku pupuk yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19 harus dilanjutkan kembali,” sambung Sukisman

Sementara itu, Duta Besar Laos di Indonesia Phomma Sidsena menjelaskan bahwa Indonesia dan Laos memiliki hubungan yang hangat dan dekat selama kurang lebih 66 tahun terakhir. 

"Kehormatan bagi saya bisa hadir disini, hubungan diplomatik Indonesia dengan Laos sudah terjalin selama 66 tahun. Saat ini kami sedang melakukan revisi mengenai Joint Community untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara," ujar Duta Besar Laos. (*RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post