Musrenbang Jatim, LaNyalla Singgung Dana Hibah Dan Apresiasi Bupati Magetan Dan Pasuruan

Realitakini.com-Surabaya 
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam arahannya di pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Timur di Hotel Shangrila, Surabaya, Kamis (13/4/2023) menyinggung soal dana hibah provinsi.

Dikatakan LaNyalla, APBD provinsi, termasuk kabupaten/kota sebenarnya berfungsi sebagai stimulus untuk menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di daerahnya masing-masing. Sehingga belanja APBD memang seharusnya diorientasikan di daerah tersebut. 

“Oleh karena itu program bantuan hibah atau dana hibah, sebenarnya layak untuk diteruskan. Hanya saja, pengawasan atas penyimpangan di lapangan yang harus diperketat,” sentil LaNyalla.

Senator asal dapil Jatim itu juga menyoal sasaran bantuan hibah. Menurutnya hibah untuk menopang aktivitas dunia usaha dan industri, serta olahraga dan kesehatan masyarakat sangat tepat. Karena berdampak jangka panjang dan memiliki multi player effect. 
 
“Hibah untuk kepentingan perekonomian, olahraga dan kesehatan masyarakat ini yang perlu di prioritaskan. Sebaliknya, Hibah untuk kajian-kajian yang output-nya hanya literatur atau buku, dapat dikurangi. Karena outputnya hanya numpuk sampai berdebu,” tandasnya. 

Dalam kesempatan itu, LaNyalla juga menyebut beberapa nama bupati yang berani membuat terobosan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di daerahnya. Salah satunya Bupati Magetan Suprawoto. 

“Saya berikan apresiasi kepada Bupati Magetan, yang berani mengambil kebijakan dengan meminta ASN di Magetan untuk membeli batik khas Magetan secara pribadi sebagai seragam. Karena jika melalui tender, Batik Khas Magetan malah kalah bersaing dengan batik khas Solo yang sudah menguasai E-Katalog,” ungkapnya. 

LaNyalla juga memberi apresiasi Kabupaten Pasuruan di bawah pimpinan Bupati Irsyad Yusuf yang mengalokasikan APBD untuk pengobatan gratis di Puskesmas bagi warga yang memiliki KTP atau KK Kabupaten Pasuruan. “Terobosan-terobosan seperti ini yang benar. APBD untuk rakyat di daerahnya,” pungkasnya.    

Pada kesempatan itu, Ketua DPD RI didampingi Kepala Kantor DPD RI Perwakilan Jawa Timur, Rony Suharso. Hadir pula Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Luky Alfirman, Dirjen Bina Pembangun an Daerah, Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir, Staf Ahli Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Teguh Sambodo. 

Sedangkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa tampak didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anwar Sadad, Pejabat Forkopimda, bupati dan wali kota se-Jawa Timur, para Rektor dan civitas akademika se-Jawa Timur, serta sejumlah tamu undangan lainnya.(*RK )

Post a Comment

Previous Post Next Post