Breaking News
Join This Site
Perawat RSUD Adnaan WD Di Bekali Input Data Online PKB

Perawat RSUD Adnaan WD Di Bekali Input Data Online PKB

Payakumbuh, ---Realitakini.com
Dewan Pengurus Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPK- PPNI) RSUD dr Adnaan WD menyosialisasikan cara input data secara online tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) kepada puluhan perawat yang bekerja di RSUD dr Adnaan WD. Sosialisasi berlangsung di lantai 2 gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD), Jumat 23 Agustus 2019.

PKB Online merupakan suatu proses untuk mengumpulkan data perawat secara online. Bagi perawat yang telah mengembangkan keilmuan, dan pencapaian kompetensi melalui seminar, workshop, pelatihan, pendidikan dan tindakan ke pasien atau yang berkaitan dengan tindakan keperawatan diminta untuk memasukan data secara reguler ke situs resmi PPNI.

"Setiap kegiatan atau data dapat diinput perawat melalui website resmi PPNI beralamat di ppni-inna.org. Dan, muara dari input data PKB ini adalah pencapaian Satuan Kredit Profesi (SKP) yang berguna untuk melengkapi syarat perpanjangan atau re-registrasi STR sekali 5 tahun," ungkap Ns.Deni Asra, S.Kep selaku Verifikator DPD- PPNI Kota Bukittinggi yang dihadirkan sebagai narasumber.

Saat pemaparan, Deni Asra memandu perawat yang hadir tentang bagaimana cara login, dan hal-hal apa saja yang perlu diisikan di website. Serta menjelaskan bagaimana cara mendapatkan nilai SKP agar nilai total SKP sejumlah 25 selama 5 tahun bisa dicapai dengan baik oleh perawat.

Puluhan perawat yang hadir sebagai perwakilan dari masing-masing ruangan, seperti poliklinik, rawatan, dan ruangan khusus maupun ruangan kritis terlihat antusias mendengar pemaparan narasumber. Dan, diskusipun berlangsung lancar sepanjang sosialisi yang dimulai pukul 08.00 - 11.00 wib.

Tampak hadir sejumlah pengurus DPK PPNI RSUD dr Adnaan WD, diantaranya: Ns. Yen Merry, S.Kep selaku sekretaris, dan Ns. Helfiyani, S.Kep ketua divisi organisasi dan kaderisasi, Ns.Rita Darmita, S.Kep ketua divisi hubungan antar lembaga, dan Ns.Sulasmi,S.Kep ketua divisi penelitian dan sistem informatika dan komunikasi.

Juga hadir, Ns. Erni Djaya, S.Kep ketua divisi pelayanan, dan Ns.Rika Merdekawati, S.Kep ketua divisi kesejahteraan. Sosialisasi PKB Online juga dihadiri oleh kepala ruangan (Karu), seperti Irawati, AMK, dan Ns. Silvia Susmita, S.Kep, serta Ns. Lasmiraini, S.Kep.

"Alhamdulillah kegiatan sosialisasi PKB online di RSUD dr Adnaan WD dapat kita selenggarakan dengan lancar. Semoga sejawat perawat yang mewakili, agar dapat menyampaikan kepada sejawat lainnya tentang cara input data dan materi yang telah dipaparkan narasumber hari ini," kata Ns.Yulia, S.Kep ketua DPK-PPNI RSUD dr Adnaan WD Kota Payakumbuh.

Terpisah, Ns. Bismar, S.Kep selaku Kepala Bidang (Kabid) Keperawatan RSUD dr Adnaan WD memberikan apresiasi kepada pengurus PPNI Komisariat, " tentunya saya berterima kasih kepada pengurus PPNI Komisariat yang telah melaksanakan sosialisasi tersebut, karena muaranya adalah tentang pengembangan profesi dan legalitas perawat, seperti STR yang wajib dimiliki oleh tenaga keperawatan di RSUD dr Adnaan WD, " tutupnya. (rel)

Sukseskan Asian Games 2018