Breaking News
Join This Site
Dari 244 Jumlah Jamaah Haji, Hanya 243 Jamaah yang Berhasil Menuntaskan Ibadah Haji

Dari 244 Jumlah Jamaah Haji, Hanya 243 Jamaah yang Berhasil Menuntaskan Ibadah Haji







Payakumbuh --Realitakini.com

Jamaah haji kota Payakumbuh tahun 2019 yang tergabung dalam kepulangan untuk gelombang II kloter 15 dan kloter cadangan 18 telah tiba kembali di ranah minang pada Sabtu (31/8) setelah menjalani ibadah haji 1440 Hijriah.

Kegiatan penyambutan jamaah haji kota Payakumbuh tahun 2019 berlangsung di Yayasan Jamiatul Hujjaj, SDIT IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Jln. Rasuna Said No 50 A, Kelurahan Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kamis (5/9) pagi.

Plt. Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Kota Payakumbuh H. Jufrimal, MA dalam laporannya menyebutkan, dari 244 jamaah haji yang diberangkatkan, kini yang kembali sebanyak 243 jamaah.

"Jamaah haji kota Payakumbuh berkurang 1 orang jamaah atas nama Yunimar Lutan berusia 87 tahun dari kelurahan Padang Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur yang tidak bisa ikut karena sakit saat akan di berangkatkan menuju Tanah Suci kemaren", ungkap Juf sapaan akrab Plt. Kakankemenag tersebut.

Dari 244 total jamaah haji kota Payakumbuh yang berangkat di tahun 2019, adapun 95 jamaah diantaranya merupakan jamaah laki-laki dan 149 jamaah perempuan.

Juf juga menyampaikan bahwa rombongan haji kota Payakumbuh saat mendarat pada Sabtu siang di BIM Padang ada yang mengalami gangguan kesehatan.

"Sekitar 2 orang jamaah haji kota mengalami gangguan kesehatan saat tiba di Padang dan hal ini langsung dilakukan tindakan cepat dari tim medis sehingga 1 orang jamaah atas nama Yusmar berusia 61 tahun dari Kelurahan Ibuh dapat di pulangkan langsung. Akan tetapi 1 orang jamaah haji atas nama Farida berusia 60 tahun dari kelurahan tanjung gadang sungai pinago harus di rawat di rumah sakit untuk dilakukan tindakan lanjutan", imbuhnya.

Dilanjutkan, untuk kota Payakumbuh pada musim haji tahun 2019 ini mendapat kuota tambahan sebanyak 7 orang setelah dibagi bersama seluruh kota dan kabupaten di Provinsi Sumatera Barat yang berjumlah 377 orang. Sehingga untuk total jamaah haji kota Payakumbuh tahun 2019 sebenarnya hanya 237 dan setelah di tambah sebanyak 7 orang lagi maka menjadi 244 total jamaah haji kota Payakumbuh", tambahnya.

Ditengah saat kegiatan penyambutan berlangsung, terdengar kabar dari salah seorang jamaah mengatakan ada seorang jamaah haji atas nama Julius (64) dari Kelurahan Sawah Padang, Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami serangan jantung pada Rabu (4/9) pagi dan harus dirawat inap di ruang ICU RS Adnaan WD kota Payakumbuh.(Relis)

Sukseskan Asian Games 2018