Breaking News
Join This Site
Kelurahan Koto Tangah Bakal Wujudkan Kampung Bebas Narkoba

Kelurahan Koto Tangah Bakal Wujudkan Kampung Bebas Narkoba







Payakumbuh -Realitakini.com

 Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba digelar di Aula Kantor Lurah Koto Tangah, Senin (9/9). Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat melalui dana ADK di Kelurahan Koto Tangah digelar untuk yang ke-9 kali dari 16 Kegiatan. Untuk kali ini kegiatan menyasar seluruh perwakilan dari seluruh Elemen masyarakat dengan tema Koto Tangah BISA tanpa Narkoba.

Kegiatan ini menghadirkan 2 orang Narasumber Gerry Wiliando dari BNN Kota Payakumbuh, dan Dr. Neti Artati dari Puskesmas Payolansek.

Sosialisasi ini dibuka oleh Lurah Koto Tangah Ade Vianora, SE dalam sambutannya Lurah menyampaikan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan Wawasan masyarakat seperti LPM, PKK, RT, RW, Karang Taruna terhadap penyebab, dampak, dan cara mengatasi penyalah guna Narkoba itu.

"Harapan dari kita selaku lurah semoga ada tekad bersama untuk mewujudkan Kelurahab Koto Tangah sebagai Kampung Bebas dari PenyalahGunaan Narkoba," kata Ade yang merupakan Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh yang pernah diganjar penghargaan oleh BNN Provinsi Sumbar tahun ini.

Gerry Wiliando dalam paparannya mengatakan Penyalahguna Narkoba termasuk kategori darurat, karena di Indonesia hampir 25 orang mati setiap hari karena dampak Narkoba.

"Oleh karena itu perlu adanya kepedulian masyarakat karena urusan Narkoba tidak bisa diselesaikan oleh BNN dan Polisi saja, tapi butuh keterpaduan," kata Gerry.

Dr. Neti menyebut dampak dari Penyalahguna Narkoba sudah banyak, dari sisi medis narkoba menimbulkan ketergantungan, yang berdampak pada rusaknya jaringan tubuh pada akhirnya berujung pada kematian.

Diakhir acara masyarakat Koto Tangah sepakat untuk menolak Narkoba dan akan membentuk Satgas Taruna Anti Narkoba yang dimotori Karang Taruna untuk mewujudkan Koto Tangah sebagai kampung bebas Penyalahguna Narkoba.

Dalam kegiatan ini BNN Kota Payakumbuh juga melaksanakan kegiatan Payakumbuh Bersinar berupa hadirnya mobil sosialisasi BNN yang membawa contoh-contoh peraga Narkoba, brosur, stiker, dan melayani tes urine gratis yang di komandoi oleh Rina beserta anggota diantaranya Toni, Martha, Rio. (Relis)

Sukseskan Asian Games 2018