Tahun Ini Baznas Dharmasraya Kuliahkan 14 Orang Warga Kurang Mampu

Tahun Ini Baznas Dharmasraya Kuliahkan 14 Orang Warga Kurang Mampu

Realitakini, Dharmasraya (Sumatera Barat) – Selain program bedah rumah, bantuan pembangunan fasilitas umum, Baznas Dharmasraya juga memiliki program unggulan yakni SKSS (Satu Keluarga Satu Sarjana). Beasiswa ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang memiliki prestasi membanggakan, dan lulus di Perguruan Tinggi Negeri ataupun di Universitas Negeri. Asalkan di keluarga tersebut belum ada satupun yang bergelar sarjana.
Diperkirakan pertengahan Oktober mendatang akan dilaksanakan verifikasi dengan seleksi tes tertulis dan wawacara. “Tahun ini ada 14 orang yang berhak menerima beasiswa tersebut. Akan dinilai dari kemampuan akademik, keagamaannya dan dari nilai kemasyarakatnya. Dan kita prioritaskan yang multitalenta. Sebab, dengan adanya multitalenta jiwanya memiliki kemampuan serba bisa yang nantinya akan dapat berguna di tengah-tengah masyarakat. Seperti contohnya yang memiliki kemampuan dibidang agama, kelak nantinya dapat menjadi Da’i di masyarakatnya,” ungkap Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Dharmasraya, Ridwan Syarif yang diaminkan oleh Ketua Baznas Dharmasraya, A. Gani, SH.
Sedangkan calon mahasiswa tersebut nantinya akan diverifikasi di rumah masing-masing calon tersebut. Dengan tujuan untuk melihat secara langsung, apakah dia berhak mendapatkannya atau tidak. “Kami akan memverifikasinya, agar kami tidak salah memilih,” bebernya.
Bagi mahasiswa yang lulus verifikasi dan dinyatakan lolos mendapatkan beasiswa tersebut, pendidikannya akan ditanggung oleh Baznas Dharmasraya sepenuhnya. Mulai dari awal kuliah sampai tamat pendidikannya. Selain itu, Baznas akan memberikan bantuan untuk biaya hidup sehari-hari selama masa pendidikannya sebesar Rp.750 ribu.
“Kami bukan hanya memberikan bantuan kepada mahasiswa tersebut secara cuma-cuma. Tapi kami juga akan memantau secara langsung aktivitas belajar di tempat kuliahnya. Jika ia mendapatkan IP kurang dari 2, maka Baznas akan mencabut beasiswanya. Untuk itu, kami berharap kepada mahasiswa tersebut untuk dapat belajar dengan sebaik-baiknya. Bahkan dapat meraih prestasi yang membanggakan,” harapnya lagi