Latest News

TANAMAN OBAT TRADISONAL SUDAH DIGUNAKAN SEJAK NENEK MOYANG MENTAWAI


MENTAWAI – Realitakini.com
Bumi ‘Sikerei’ Mentawai sudah sejak lama dikenal kaya dengan potensi tanaman obat tradisionalnya. Berdasarkan riset yang dilakukan Universitas Andalas beberapa waktu lalu, terdapat 202 jenis tanaman obat tradisonal di daerah itu. Tanaman-tanaman itu sudah digunakan sejak nenek moyang Mentawai dahulunya.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar terkait persemian rumah klinik saintifikasi jamu di Km. 6 Sipora Jaya Kecamatan Sipora Selatan, Kamis (13/10). Klinik saintifikasi jamu tradisonal merupakan obat yang diramu dari tanaman. Dengan hadirnya klinik saintifikasi jamu di Kabupaten Kepulauan Mentawai, katanya, dapat diintegrasikan melalui Puskesmas Mapaddegat dan dimanfaatkan oleh masyarakat.
Menurut Lahmuddin, keunggulan obat tradisional jamu adalah fungsinya tidak hanya mengobati tapi juga rekonstruktif atau memperbaiki kembali jaringan-jaringan atau sel-sel yang rusak, meskipun reaksinya agak lebih lama dibanding obat kimia. Pengobatannya juga langsung diarahkan pada sumber penyebab penyakit. Sementara, efek samping obat jamu tradisional hampir tidak ada asalkan diramu oleh herbalis yang ahli dan berpengalaman.
“Ke depan, DPRD Mentawai agar membantu penganggaran supaya klinik saintifikasi jamu di Mentawai bisa berkelanjutan. Program itu juga dapat menyehatkan masyarakat di Bumi Sikerei,” ujarnya.Pusat pengobatan dengan merakit obat tradisional memang sudah menjadi program kerja Dinas Kesehatan Mentawai. Agar tanaman obat tidak langka didapat, pihak Dinkes sudah mensosialisasikan pada masyarakat agar menanam tanaman obat di setiap pekarangan. Hanya saja belum banyak yang memahami manfaat obat tersebut sebagai obat alternatif.Ketua TP-PKK Mentawai Rosmaida Yudas menambahkan, sesuai program yang dicanangkan Dinas Kesehatan kabupaten kepulauan mentawai, telah diterapkan dibeberapa pelosok untuk dilakukan sosialisasi penanaman tanaman obat dipekarangan rumah.

Bagaimana kita bisa mengalakan kembali minat masyarakat dalam pengurusan PKK sampai ketingkat dusun untuk lebih kongkrit lagi, sesuai dengan program pokok PKK dalam mencanangkan penanaman tanam obat tradisional setiap masing-masing keluarga, kata Rosmaida.Program rumah klinik saintifikasi jamu obat tardisional mengukir sejarah di kabupaten kepulauan mentawai, hal ini merupakan pertama di sumatera barat.Semoga program yang dicanangkan ini diawali dengan niat dan bermanfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat, didalamnya tersebut kita dituntut keseriusan mengembangkan keberadaan obat tardisional di bumi sikerei,  ujarnya.

Realita Kini Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.