Kapolri Jendral Pol Drs. Tito Karnavian,MA, Ph.D Ini Di Kukuhkan Menyandang Gelar Sangsako ” Sutan Rajo Paga Alam

Realitakini.Com-Sumbar
Pemberian gelar  kepada Kapolri Jendral Pol Drs. Tito Karnavian,MA, Ph.D  ini di kukuhkan oleh LKAAM Provinsi Sumatera Barat berdasarkan persetujuan LKAAM Agam, dan KAN Kambang Mudiak dalam acara Alek Tagak Malewakan Gala di Mapolda Sumbar, Minggu malam (2/4/2017). gelar Sangsako ” Sutan Rajo Paga Alam kepada Kapolri Jendral Pol Drs. Tito Karnavian,MA, Ph.D dan Ir. Tri Suswati,MS sebagai Puti Linduang Alam.  Gelar ini di berikan oleh Anak Kemenakan Suku Sikumbang Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam
 Hadir dalam acara alek ini, beberapa pejabat Polri, Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim, Forkopimda, Bupati / Walikota se Sumatera Barat, jajaran Polda Sumbar, Pimpian BUMN/BUMD, Ketua Osmas, Tokoh Minang, Niniak Mamak, Cadiak Pandai dan Bundo Kanduang. Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Drs. Sayuti DT. Panghulu dalam kesempatan itu menyampaikan, pemberian gelar penghargaan kepada Kapolri Tito Karnavian dan istri telah berjalan sesuai dengan protap penganugrahan gelar kehormatan sangsako adat ini ditetapkan secara adat ” bajanjang naik batanggo turun”.“Hal ini melihat seseorang atau lembaga yang mempunyai perhatian terhadap warga minang dan peduli memajukan budaya minang yang dinilai oleh seseorang atau organisasi dengan melakukan pandangan jauh dilayangkan , padangan dakek ditukiakkan” ujar Sayuti.
 Setelah di lewakan menyadang gelar ,Jendral Pol Tito Karnavian dalam sambutanya menyampaikan, pemberian penghargaan sangsako adat ini merupakan hal yang membanggakan dan membahagiakan bagi kami dan keluarga. Karena kami sadar dan tahu budaya minang memiliki peradaban yang tinggi karena mampu dan bisa berkembang hidup sesuai dengan budaya dimanapun berada.Ia mencontohkan salah satu soal masakan Padang yang ada dimana-mana di nusantara termasuk di luar negeri. Jika untuk yakin halal bagi kita umat Islam makan , masakan Padang sudah diyakini halal.

” Mohon doa restu , kami menjalani amanah gelar sangsako adat ini dengan baik, dalam menjaga NKRI, kesatuan dan persatuan bangsa dan negara. Sebagai anak kemanakan suku Sikumbang dan sebagai masyarakat minang kami semampunya juga ingin memberikan yang terbaik memajukan pembangunan di Sumatera Barat, ” tekad Tito.(Wt)
Previous Post Next Post