•Gubernur Sumatera Barat Iwan Prayitno Acara Hari Pers Nasional 2018 Akan Angkat Pariwisata Padang

Realiatakini.com-Padang
Acara Hari Pers Nasional (HPN) 2018 akan berlangsung di Padang, Sumatra Barat pada tanggal 8-9 Februari 2018. Kehadiran HPN di Padang mendapat sambutan positif dari Gubernur Sumatera Barat Iwan Prayitno. Dengan dihelatnya acara tersebut, maka secara otomatis membawa nama Sumatera Barat melambung tinggi.

Menurut Iwan, pariwisata memang menjadi fokus utama yang ingin dikenalkan kepada ribuan insan pers yang akan hadir. Bahkan Pemprov Sumbar akan mengantar rombongan wartawan seantero Nusantara untuk berkunjung ke sejumlah destinasi wisata unggulan yang ada.

"Kami ingin, HPN sekaligus promosikan daerah kami. Nantinya masyarakat juga yang diuntungkan," kata Iwan pada Rabu (7/2).

Sejak 2017 Sumatera Barat memiliki branding baru yaitu Taste of Padang sebagai senjata untuk promosi pariwisata. Pemerintahan Sumatera Barat bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan masyarakat pers nasional kepada Sumbar untuk menjadi tuan rumah HPN 2018

Mewakili pihak pers, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Sasongko Tedjo menyampaikan antusiasme tinggi atas kemeriahan HPN 2018 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar.

"Ternyata banyak kegiatan yang luar biasa, bahkan kegiatan tersebut juga diadakan di seluruh Sumatera Barat," Kata Sasongko.

Hadirnya HPN 2018 membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya angkat bicara. Menurutnya, keberadaan pers memiliki momentum yang bagus dalam memajukan promosi pariwisata di Tanah Air selain sosial media.

"Pers memberikan informasi buat seluruh wisatawan, dengan adanya pers maka ikut meninggikan derajat pariwisata di Indonesia. Oleh karena itu, kehadiran pers harus dihargai dan dihormati serta sama-sama menjunjung tinggi nama Indonesia agar terus dikenal dunia melalui pariwisata," kata Arief.

HPN merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan masyarakat pers nasional. Terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) dan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI). Kemudian Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

HPN Sumbar 2018 mengangkat tema "Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan". Rangkaian acara HPN juga diisi konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media massa sehari sebelum acara puncak. Termasuk di pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bakti sosial.

Yang diprediksi paling meriah yaitu pesta adat Makan Bajamba sekaligus pemberian anugerah Adinegoro pada tanggal 8 Februari. Sedangkan puncak acara HPN akan digelar sehari berselang. Kedua kegiatan itu akan dihadiri Presiden Joko Widodo.(wt*)
Previous Post Next Post