Ade Rafles Jadi Tuan Rumag Pertemuan Bulanan Dharma Wanita Persatuan Provisi Sumbar


Realitakini.com -Sumbar
Pertemuan Bulanan Dharma Wanita Persatuan  Provisi Sumbar Bulanan Yang Biasannya Haya Di adakan  di Gubenuran  saja , kali  ini di adakan di Gedung Rakayar( DPRD) provinsi sumbar Jumat (9/3).. dengan nuansa yang berbeda dari sebelumya  .yang menjadi tuan rumah pada pertemuan kali ini ,Ketua DWP DPRD Sumbar Ade Rafles   dan seluruh sataf yang ada di DPRd Sumbar .dalam sambutannya ade Rafles  mengatakan ,”kali ini  sengaja mengambil  temapat di Gedung DPRD untuk mengilangkan kejenuhan . Karena beberapa Kali pertemuan kita hanya Di ruangankegubenuran saja ,”ujarnya. Saya selaku tuan rumah atas nama anggota DPRD  minta maaf Kraean walaupun acara kita kali ini di adakan DPRD namun kita tidak bisa ketu anggota DPRD kaearna beliau Pada maengadkana RESE ke daerah ujar ,Ade Rafles.
 Untuk melestaerikan dan membudayakan adat di Sumatera Barat  Dharma Wanita Persatuan Prpvissi Sumatera Barat berupaya mensosialisasikan bagaimana tata cara adat meminang  di Minangkabau Pada acara  ini  diadakan  sesi tanya jawab .Yang menjadi nara sumber adalah matan anggota dewan provinsi sumbar  Nur Ainas. Yang di damping ketua DWP sumbar anita Alismar,Ade rafles 
Pada  pertemuan bulanan ini Dharma Wanita Persatuan membicarakan bagaimana tata cara baminantu  karena ini sangat penting ,Bundo Kandung Nur Ainas menyampaikan bahwa  untuk disosialisasikan kembali pada masyarakat,”kata buk nuraisa.  

 Lebih lanjut ia mengatakan,”tata cara baminantu melalui beberapa tahapan, tahap pertama yang dilakukan adalah Maresek,  Maresek ini dilakukan olek  ayah dan ibu dari pihak wanita  untuk datang kerumah  keluarga laki laki ,  sebenarnya ini adalah perkenalan antara kedua orang tua laki -laki dan perempuan. Untuk tahap kedua ada acara lah acara meminang. Di Minangkabau karena  garis keturunannya bersifat Matri akat maka yang meminang dilakukan oleh pihak perempuan kepada pihak laki- laki. yang datang  meminang  itu adalah pihak keluarg a  perempuan datang kerumah pihak keluarga laki laki.,” Katanya. Dalam acara tersebut Anita ali asmar juga mengaharapkan kepada anagota darmawita provisi kalau pai balralek untuk memakai banju kurang jangan lah hendaknya ada juga yang pakaigamis harapnya. 

Dan acara tersebut cukup meriah dan ditutup dengan acara makan dan beberapa lantuan lagu  oleh ketua DWP Sumbar Ani Ali asmar  dan DWR DPRD Sumbar  Ade rafles serta beberapa persreta pertemuan dengan memakai orgern tungal.(wt)
Previous Post Next Post