Ibu Mufida Jusuf Kalla Kunjungan Kerja Ke Tanah Datar

Realita kini.com -Tanah Datar.
Ketua Umum Dekranas Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla beserta rombongan akan mengunjungi Kabupaten Tanah Datar selama 1 hari pada hari Senin tanggal 8 April 2019.Ketua Umum Dekranas Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla beserta rombongan akan mengunjungi Kabupaten Tanah Datar selama 1 hari pada hari Senin tanggal 8 April 2019.

Kunjungan kegiatan RI-4 Istri Wakil Presiden RI di Tanah Datar yaitu peninjauan Sentra Industri Tenun Kabupaten Tanah Datar yang berlokasi di Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo, peninjauan salah satu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kemen PUPR di Nagari Tanjuang Bonai, peninjauan pembangunan Masjid Raya Tanjuang Bonai dan Peresmian Gedung Promosi dan Pusat Oleh-Oleh Kabupaten Tanah Datar di Batusangkar.

Sentra Industri Tenun Kabupaten Tanah Datar merupakan sentra tenun terbesar di Indonesia  diresmikan oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2018.

Keberadaan sentra tenun menjawab keinginan dan impian Ibu Mufidah selama ini. Salah satu Putri terbaik Tanah Datar punya keinginan melestarikan, membina dan ikut mengembangkan kearifan lokal yang menjadi kekayaan bangsa. Keinginan ini diungkapkan Ibu Mufidah dalam sambutannya saat peresmian Sentra Industri Tenun Tanah Datar.

Sentra Tenun tidak hanya untuk Tanah Datar tetapi untuk Sumatera Barat secara keseluruhan di harapkan tidak hanya pengembangan songket dan tenun, ke depannya bisa bekerjasama dengan Yayasan yang Ibu Mufidah Jusuf Kalla miliki dapat juga dikembangkan kegiatan lain.

Faslitas utama yang di miliki Sentra tenun adanya gedung produksi, gedung kantor UPTD, gedung celup dan menghani, pagar keliling dan landscape yang dibiayai melalui DAK Perindusrian tahun anggaran 2017, 2018 dan 2019 dengan total biaya Rp. 19,2 Miliar serta dilengkapi rusunawa dengan 35 kamar, fasilitasnya sekelas apartemen dengan pembiayaan Tugas Pembantuan Kementerian PUPR tahun anggaran 2017 dengan biaya Rp. 8,9 Miliar.

Kegiatan pelatihan di tempat ini sudah berlangsung semenjak diresmikan, peserta diberi keahlian pewarnaan (pencelupan benang), pembuatan renda songket, pelatihan tenun, menghani, bordir/sulaman, membatik, aneka cenderamata dan manajemen usaha, sehingga lahir pengrajin baru yang tersebar di Sumatera Barat.

Gedung Promosi dan Pusat Oleh-Oleh Kabupaten Tanah Datar, yang berlokasi di samping Gedung Indo Jolito Batusangkar. Bangunan satu lantai dengan rencana 2 lantai ini dibiayai melalui APBD Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2018 sebesar Rp. 1,6 Miliar dan tahun 2019 sebesar Rp. 1,6 Miliar.

Harapan dengan adanya gedung promosi ini, Industri Kecil dan Menengah (IKM) di  Tanah Datar baik yang bergerak di bidang makanan, fashion dan sovenir dalam ditampilkan di sini, sehingga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat dan menjadi daya tarik wisatawan datang ke Tanah Datar. (humas/M)

Post a Comment

Previous Post Next Post