Breaking News
Join This Site
Inovasi Layanan Terbaru Dinas Dukcapil Payakumbuh

Inovasi Layanan Terbaru Dinas Dukcapil Payakumbuh


Payakumbuh-Realitakini.com
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Payakumbuh terus berinovasi dalam layanan. Terbaru Dinas paling inovatif tahun 2018 ini meluncurkan program inovasi LANSIA SEKOLAH TK singkatan dari peLAyaNan langSung Identitas Anak di SEKOLAH Termasuk aKta.

“Inovasi LANSIA SEKOLAH TK ini kita adakan dalam rangka perlindungan dan pemenuhan hak warga negara, terutama anak usia 0 – 17 tahun untuk mendapatkan kartu identitas anak (KIA),” ujar Kepala Dinas Dukcapil melalui Sekretaris Devi Yanti saat dihubungi Humas, Senin (5/8). Dikatakan, untuk kesuksesan program tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan. Secara bertahap, program dimulai dari jenjang SD di 5 (lima) Kecamatan yang telah direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan.

“Setiap SD yang dikunjungi diberikan pelayanan untuk pembuatan KIA dan Akta Kelahiran, sehingga seluruh siswa/i sekolah tersebut tuntas telah memiliki KIA dan akte kelahiran,” beber Devi.n “Kita akan beri piagam penghargaan bagi kepala sekolah yang seluruh siswanya sudah punya akte dan KIA, sekaligus sekolahnya menjadi sekolah percontohan,” sambungnya.

Dijelaskan, sejauh ini pihaknya sudah mendatangi sejumlah SD, diantaranya SDN 13 Aur Kuning Payakumbuh Selatan, SDN 31 Payakumbuh Timur, SDN 02 Balai Nan Duo Kecamatan Payakumbuh Barat, dan SDN 04 Kecamatan Payakumbuh Utara.Disamping inovasi LANSIA SEKOLAH TK, Dinas Dukcapil sendiri telah banyak melahirkan inovasi layanan, diantaranya, SINI KAKEK SELEB (Siap Nikah Kartu Keluargaku Selesai dibuat), PUBER ANAK MILENIA (Pulang Bersalin Anak Mendapat Akta Lahir Anak dan Identitas Anak) dan SI CECE URUS KAKEK KU (Siap Cerai Cepat Urus Kartu Keluarga Ku).

Kemudian ada layanan PELAKOR TUA dan Disabilitas (Pelayanan KTP-el orang tua dan Disabilitas), SORE UAS (Sosialisasi – Rekam KTP-el Anak Sekolah), SORE JK (Sosialisasi – Rekam KTP-el Jemput Berkas Akta), Program Pelayanan Hari Libur (Sabtu-Minggu), Program Payakumbuh Takziah dan berbagai inovasi lainnya. (Rel)

Sukseskan Asian Games 2018