Canangkan Bakti Sosial TNI Dan Harganas Sekda Irwandi, Keluarga Pilar Utama.

Realitakini.com  BATUSANGKAR 
Sekretaris Daerah Tanah Datar, Irwandi Wakili Bupati dalam mencanangkan secara resmi Bhakti Sosial TNI KB Kes, HKG PKK Kes dan Peringatan Harganas ke-26 tingkat kabupaten Tanah Datar di Aula Makodim Pagaruyung Batusangkar Rabu 18/09/2019.

Kegiatan dihadiri oleh ketua DPRD Tanah Datar Jonnedi, Forkompimda kabupaten Tanah Datar, Kepala BKKBN Provinsi Sumbar H. Syahrudin, SH, M.Si, Ketua TP PKK kabupaten Tanah Datar Emi Irdinansyah Tarmizi, kepala OPD, Camat, ketua PKK kecamatan se-kabupaten Tanah Datar dan undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Tanah Datar yang di bacakan oleh Sekda Irwandi mengatakan, peran keluarga  sebagai pilar utama pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa sangatlah penting dan strategis guna mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera, untuk itu hari keluarga dimaksudkan agar maknanya dapat dipahami dan benar-benar bisa dinikmati oleh seluruh keluarga.

Beliau juga menyebutkan bahwa pada momentum peringatan harganas ke-26 tahun 2019 ini pemerintah sedang menggalakkan gerakan kembali ke meja makan dan tidak melihat media sosial dan TV pada jam 18.00 – 21.00 atau yang lebih dikenal dengan gerakan 1821. Hal ini dimaksudkan pada rentang waktu tersebut sebuah keluarga secara bersama-sama melakukan aktivitas yang mengarah pada nuansa kebersamaan, seperti mengaji, makan malam bersama dan saling bertukar informasi antar anggota keluarga yang akan mewujudkan terciptanya ketahanan keluarga.

“Momentum peringatan harganas juga mengingatkan kembali kepada kita betapa pentingnya mencintai antar sesama dalam keluarga dan betapa pentingnya perencanaan dalam membangun sebuah keluarga,” ujar Irwandi.

Di samping itu, Irwandi juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh kader PKK  serta mitra kerja terkait yang telah membantu pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat.

“Sejauh ini kami melihat PKK telah mampu menjalin kerjasama yang sangat baik dengan OPD terkait untuk mengembangkan potensi dan jaringannya, sehingga dapat menjangkau seluruh keluarga dan masyarakat. TP PKK juga telah mencatatkan prestasi yang sangat luar biasa, pencapaian target kerja pemerintah dalam bidang pembangunan kesejahteraan juga tidak terlepas dari peranm aktif PKK dan seluruh kadernya,” tambah Irwandi.

Dengan adanya bhakti sosial TNI KB Kesehatan Sekda Irwandi juga mengatakan bahwa ini merupakan komitmen nyata dari panglima TNI, BKKBN dan kementerian kesehatan RI dalam mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas melalui program kesehatan dan keluarga berencana.

Pencanangan bhakti sosial TNI KB Kesehatan dan HKG PKK KB Kesehatan tahun 2019 ini kami harapkan dapat menjangkau sasaran program kependudukan keluarga berencana  dan pembangunan keluarga sampai daerah terpencil, khususnya di kampung KB.

“Untuk itu dikesempatan ini kami harapkan kepada seluruh OPD terkait untuk bersama-sama melakukan intervensi terhadap program kegiatan di kampung KB, baik itu pembangunan fisik maupun non fisik guna mewujudkan kondisi penduduk tumbuh seimbang dan pembangunan manusia yang berkualitas,” pungkasnya.

Sementara itu ketua TP PKK kabupaten Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi, menyampaikan ucapan terimaksihnya kepada pemerintah daerah beserta jajarannya dan Dandim 0307 Tanah Datar yang telah mendukung program-program kependudukan keluarga berencana, terlebih lagi dalam mempersiapkan dan memfasilitasi kegiatan hari ini.

Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Emi Irdinansyah Tarmizi  mengatakan,Hari keluarga nasional yang kita peringati ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian yang cukup besar dari pemerintah pusat, daerah dan dari kita, semua ini merupakan salah satu upaya untuk menjadikan keluarga sebagai objek pembangunan.

"Dalam menuju keluarga kecil bahagia, sejahtera, tenteram dengan semangat harganas. Kita bangkitkan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk meningkatkan ketangguhan dan  bermakna,” kata Ny. Emi.

Lebih lanjut Ny. Emi juga menharapkan momentum hari keluarga ini bisa digunakan sebagai langkah nyata dalam keluarga yang berketahanan.

Dandim 0307 Tanah Datar yang diwakili oleh Kasdim Mayor. Inf. Munawar menjelaskan bahwa untuk melaksanakan kegiatan ini kodim 0307 Tanah Datar telah melakukan berbagai persiapan dan berkoordinasi dengan seluruh jajaran terkait termasuk dengan penyuluh KB pada tingkat kecamatan.

"Kodim 0307 Tanah Datar bersama seluruh Babinsa, PPL KB dan tokom masyarakat juga telah melakukan berbagai program kegiatan guna mensukseskan Bhakti Sosial TNI KB Kes, HKG PKK Kes dan Harganas ke-26 tingkat kabupaten Tanah Datar, diantaranya melakukan penyuluhan dan menghimbau masyarakat agar mengikuti program generasi berencana (genre)," kata Munawar.

Beliau juga menyampaikan kalau dalam pelaksanaannya ada beberapa kelemahan yang dihadapi guna menjangkau masyarakat yang berada di daerah terpencil.

"Hal ini disebabkan karena kurangnya personil. Namun kesulitan ini merupakan sebuah tantangan sehingga apa yang diharapkan oleh panglima dapat tercapai dengan baik, ujar Munawar.

Dalam menyikapi berbagai fenomena yang terjadi ditengah-tengah masyarakat kabupaten Tanah Datar akhir-akhir ini yang banyak terjadi kasus bunuh diri, Mayor Inf. Munawar, " Kita berharap seluruh kader bisa disisipkan untuk melakukan penyuluhan dibidang kesehatan jiwa," kata Munawar (Rel/M)

Post a Comment

Previous Post Next Post