Breaking News
Join This Site
Bupati Hadiri peresmian Balai Adat Dan Pengukuhan Pengurus Bundo Kanduang

Bupati Hadiri peresmian Balai Adat Dan Pengukuhan Pengurus Bundo Kanduang



Realitakini.com BATUSANGKAR Bupati Hadiri Pengukuhan Pengurus Bundo Kanduang Tanah Datar yang resmi di kukuhkan oleh Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat Prof. Hj. Puti Reno Raudah Thaib di Balai Adat LKAAM di Batusangkar Sumatera Barat, hari Sabtu (12/10/2019).

Selain menghadiri pengukuhan Pengurus Bundo Kanduang, Bupati
Irdinansyah Tarmizi,  juga meresmikan penggunaan Balai Adat yang di beri nama Tantejo Gurhano yang mulai dibangun sejak tahun 2015 silam tersebut bakal difungsikan sebagai kantor LKAAM Tanah Datar dan Pengurus Bundo Kanduang Tanah Datar, yang berfungsi sebagai pusat kegiatan-kegiatan bernuansa adat Minangkabau.

Turut hadir pada saat itu ketua LKAAM Tanah Datar Hafzi Dt. Batuah, Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi Sugianto Harahap, Kajari Tanah Datar  Hardijono Sidayat, SH, Kapolsek Lima Kaum Iptu Aljufrimal, Penasehat Bundo Kanduang Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, Owner Emersia Hotel Hj. Merriwarti, Kepala OPD Tanah Datar, Tokoh Adat, tokoh Masyarakat, pengurus Bundo Kanduang Nagari, Kecamatan, Kabupaten serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat Prof. Hj. Puti Reno Raudah Thaib mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah daerah yang telah ikut memberikan perhatian sehingga pengukuhan pengurus Bundo Kanduang Tanah Datar bisa terlaksana sesuai dengan yang di harapkan.

"Pengukuhan Gusnawilis sebagai Ketua Bundo Kanduang Tanah Datar, ini adalah tahun keduanya Gusnawilis memimpin, peristiwa penting, dalam mewujudkan visi dan misi Bundo Kanduang di Kabupaten Tanah Datar," kata Puti Reno Raudah Thaib

Sementara itu Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan balai adat di namakan
Tantejo Gurhano, diambil dari tokoh arsitek pembangunan rumah gadang. mulai di bangun pada tahun 2015, walaupun pembangunannya belum siap sempurna, tapi sudah bisa di gunakan untuk kegiatan LKAAM dan kegiatan Bundo Kanduang," kata Bupati.

Kepada pengurus Bundo kanduang yang baru dikukuhkan Bupati mengucapkan selamat bertugas dan kepada pengurus Bundo Kanduang yang lama Bupati mengucapka terima kasih atas kontribusi selama menjadi pengurus Bundo Kanduang Kabupaten Tanah Datar.

Bupati juga menambahkan Pembinaan tentang budi pekerti, pembinaan adat istiadat dan sebagainya, Bundo Kanduang lah yang mengambil peran penting, dan itu sangat diharapkan, kepada Bundo Kanduang yang dikukuhkan, bisa segera melaksanaka kegiatan sebagaimana tugas dan fungsinya. Selamat bertugas untuk pengurus baru, kepada pengurus lama diucapkan terima kasih," ujar Bupati Irdinansyah.

Sementara itu Gusnawilis
Ketua Bundo Kanduang Tanah Datar terpilih mengatakan, bersama seluruh pengurus baru akan berusaha bekerja semaksimalnya untuk merealisasikan, adaik basandi syarak, syarak basandi kitabullah di tengah-tengah masyarakat di Kabupaten Tanah Datar.

"Dengan adanya pembinaan dan pemberian dana dari  pemerintah daerah kepada  organisasi Bundo Kanduang, maka kita akan menggunakannya untuk pelatihan Bundo Kanduang di nagari, kecamatan dan kabupaten, dengan harapan kedepannya untuk bisa mewujutkan cita cita bersama," Kata Gusnawilis. (M)

Sukseskan Asian Games 2018