Breaking News
Join This Site
ISPU Payakumbuh Capai 139 Pada 15 Oktober, Walikota Riza : Kita Masih Pantau Perkembangan Sebelum Mengambil Kebijakan Libur Sekolah

ISPU Payakumbuh Capai 139 Pada 15 Oktober, Walikota Riza : Kita Masih Pantau Perkembangan Sebelum Mengambil Kebijakan Libur Sekolah






Payakumbuh -Realitakini.com

 Kualitas udara di kota Payakumbuh sedang tidak sehat. Pengukuran Real Time kualitas udara yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh setelah diambil sampel di Terminal Koto Nan Ampek pada 15 Oktober 2019 pukul 12.00 sampai 13.00 WIB.

Hasil pengukuran itu menunjukkan kualitas udara Payakumbuh berada di angka Nilai Setara Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) 139, artinya kondisi kualitas udara Payakumbuh berada pada titik tidak sehat.

Sedangkan untuk udara kualitas udara baik berada di rentang ISPU 1-50. Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Kepkapedal) KEP.107/1997.

Menangapi hal ini, Walikota Riza Falepi menyebut dari hasil pengukuran kualitas udara Payakumbuh saat ini, Pemko masih belum bisa memastikan untuk mengambil kebijakan hntuk meliburkan siswa sekolah, karena kabut asap ini baru kembali lagi datang sejak 3 hari kebelakang.

"Kita masih pantau dulu perkembangan dalam beberapa hari kedepan, apabila kabut asap semakin tebal maka kita siap mengambil langkah kebijakan bagi masyarakat dan anak-anak kita dalam menghadapi bahaya kabut asap ini," kata Riza.

Sementara itu Riza juga menghimbau kepada warga untuk berjaga-jaga dan meningkatkan kemandirian dalam menjaga kesehatan keluarga, bukan hanya pada saat ada keadaan kabut asap seperti ini juga pada hari biasa.

"Pastikan minum air putih yang cukup, perbanyak konsumsi buah-buahan, bagi ibu-ibu yang punya anak jangan dibiarkan bermain lama-lama diluar rumah mengingat kabut asap yang kita tidak tahu apakah akan semakin tebal nantinya dan berbahaya bagi pernafasan anak," kata Riza. (Rel)

Sukseskan Asian Games 2018