Breaking News
Join This Site
Wakaf 1000 Hafiz Ke - 4, Menuju Tanah Datar Kabupaten Tahfiz

Wakaf 1000 Hafiz Ke - 4, Menuju Tanah Datar Kabupaten Tahfiz


Realitakini.com  BATUSANGKAR-
 Kegiatan Waqaf 1000 Hafiz ke-4 akan dlaksanakan 13 Oktber 2019 mendatang bertempat di Istana Basa Pagaruyung Batusangkar Sumatera Barat rencana akan dihadiri oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan diisi Tausiyah KH. Yusuf Mansur

Hal ini disampaikan oleh Kabag Kesra Kabupaten Tanah Datar Afrizon di ruang kerjanya di kantor Bupati Tanah Datar, Selasa (01/09/2019).

Dalam kesempatan itu Afrizon mengatakan Program Tahfiz ini merupakan program unggulan pemerintah kabupaten Tanah Datar di bawah kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma, yang dicanangkan pada tahun 2016 menjadikan Tanah Datar menjadi Kabupaten Tahfiz dengan dimasukan ke Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021.

Sebagai bentuk upaya mewujudkan Kabupaten Tahfiz, pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma mendorong tumbuhnya rumah tahfiz.

Dijelaskan Afrizon, pada tahun 2016 baru ada 6 buah rumah tahfiz, meningkat pada tahun 2017 menjadi 69 rumah tahfiz, tahun 2018 meningkat lagi menjadi 145 rumah tahfiz dan tahun 2019 ada sekitar 167 rumah tahfiz yang tersebar di Kabupaten Tanah Datar.


"Dari tahun 2016 sampai per Oktober 2019 ini sudah ada 167 rumah tahfiz yang tersebar di kabupaten Tanah Datar, sebagai bentuk kongkrit pemerintah daerah membina 14 buah rumah tahfiz di masing-masing kecamatan, bentuk pembinaannya diberikan Insetif kepada guru mengajar untuk dua orang masing-masing Rp.1 juta perbulan,"ujarnya.

“Sedangkan biaya operasional Rumah Tahfiz Rp 5 juta per tahun, dan untuk anak anak binaan Rumah Tahfiz itu satu kali dalam empat bulan dilakukan pembinaan dan disiapkan transpornya, makan dan kebutuhan lainnya,” tambah Afrizon.

"Dengan berkembang pesatnya Rumah Tahfiz di Tanah Datar, maka kita kembangkanlah dalam bentuk Waqaf 1.000 Hafiz sebagai media apresiasi dan evaluasi kegiatan tahfiz, maka di tahun 2019 ini dari 2.251 peserta yang ikut seleksi dengan umur di bawah 12 tahun, kita siapkan 1.000 orang sebagai peserta sesuai kuota yang tersedia," tambahnya lagi.

Selain itu untuk mendorong minat anak-anak Tanah Datar belajar dan menghafal Aquran, untuk hafiz terbanyak diberikan reward umrah untuk 10 orang peserta sumbangan donatur dan 3 orang ikut studi banding internasional.

“Untuk reward diseleksi dari 739 hafiz di atas 3 juz dan didapat 163 orang di atas 5 juz lalu diranking lagi sehingga terpilih penerima reward umrah dan studi banding internasional,” jelasnya.

Donasinya sendiri berasal dari donatur di kabupaten Tanah Datar seperti H Bustamam owner Restoran Sederhana, Hj. Merriwati Owner Emersia, H. Syafri Zen Ketua Ikrar Jaya Jakarta, Irsawedis pengusaha dari Rao Rao Sungai Tarab, dan H. Riswan Paduko Sinaro.

Sementara Bupati Irdinansyah Tarmizi di kesempatan terpisah mengatakan Program Kabupaten Tahfiz sudah membuahkan hasil dengan diraihnya prestasi Juara Umum MTQ Nasional ke-38 Tingkat Sumatera Barat di Solok beberapa waktu untuk pertama kalinya memutus dominasi Kota Padang.

“5 cabang dari 9 cabang yang memperoleh peringkat satu berasal diraih dari cabang Hifzil Quran, ini membuktikan program rumah tahfiz meningkatkan kualitas para hafiz di Tanah Datar,” sampai bupati.

“Dengan waqaf 1.000 hafiz mari kita jadikan generasi Tanah Datar menjadi generasi yang qurani untuk menuju masyarkat madani dan menuju kabupaten tahfiz,” harapnya.  (M)

Sukseskan Asian Games 2018