Puluhan Ruas Jalan Dalam Kota Dipermulus dan Diperlebar











Payakumbuh-Realitakini.com

Perhatian Pemko Payakumbuh terhadap infrastruktur jalan, patut diapresiasi. Kenapa tidak, dari tahun ke tahun, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pekerjaan Umum tak henti hentinya untuk terus melakukan perbaikan bahkan peningkatan terhadap akses vital bagi masyarakat tersebut.

Untuk 2019 saja, setidaknya ada puluhan kilometer akses jalan diperbaiki Pemko Payakumbuh yang terbagi dalam berbagai paket kegiatan. Dua paket besar diantaranya hampir rampung dikerjakan dengan panjang total 16, 3 kilometer.

Yaitu paket pemeliharaan jalan DAK Reguler di 4 ruas dengan nilai kontrak Rp 6,5 Miliar yang dikerjakan PT Lubuak Minturun Konstruksi Persada. Kemudian, paket peningkatan jalan DAU 1 di 26 ruas dengan nilai kontrak Rp 6,4 Miliar yang dikerjakan PT Combina Cosraco.

Ke 4 ruas yang dikerjakan PT Lubuak Minturun Konstruksi Persada tersebut, yakni ruas jalan Rasyid Taher, Jalan Gatot Subroto, Jalan Sutan Syahrir dan Jalan Sudirman dengan panjang keseluruhan 7,1 kilometer. "Pekerjaan ruas jalan ini hampir rampung,"terang Isral pelaksana lapangan PT Lubuak Minturun Konstruksi Persada.

Kemudian, 26 ruas yang dikerjakan oleh PT Combina Costraco dengan panjang jalan 9,2 kilometer. Yakni Jalan Seroja, Jalan Simpang Supra, Jalan Melon, Jalan Perumahan Koto Tangah.

Selanjutnya, Jalan Nangka, Jalan Aster 39 A, Jalan Kubang Gajah, Jalan Panorama Residen, Jalan Braja Sakti, Jalan Yogyakarta, Jalan Krakatau, Jalan Dahlia 1, Jalan Raflesia 3, Jalan Bidadari, Jalan Talago Permai.

Kemudian, Jalan Rambutan, Jalan Gunung Tandikek, Jalan Kantor Lurah Ibuah, Jalan Perumahan Batang Agam, Jalan KH Dewantara, Jalan Mangga 3, Jalan Menuju Staida, Jalan Enggang, Jalan Kamboja Gang Sakato, Jalan Manggis dan Jalan Palam 1.

Hendra pelaksana lapangan PT Combina Costraco mengatakan, untuk ke 26 ruas tersebut masih bersisa 3 ruas dalam tahap pengerjaan. "Masih ada 3 ruas yang sedang dikerjakan sampai pertengahan Desember mendatang,"ucap Hendra.

Sementara, jauh-jauh hari Kepala Dinas PU Kota Payakumbuh, Muslim mengatakan akses jalan dalam kota terus diperbaiki. Tak hanya dipermulus saja, melainkan ikut perlebar pada kiri kanan sisi jalan.

Di dalam kota, katanya, terdapat sepanjang 250 kilometer lebih panjang jalan yang membentang. "Lebih 90 persen, jalan kondisi baik. Ada 250 kilometer ruas jalan yang membentang dan terbagi atas beberapa kelas jalan. Ada jalan nasional, jalan propinsi, jalan kota serta jalan lingkung,"ucap Muslim.

Sedangkan, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi terus berupaya untuk menjadikan seluruh jalan yang ada dalam kota, mulus tak berlubang. "Ini yang kita harapkan, tidak ada lagi jalan rusak, berlubang di Payakumbuh. Karena itu, kita selalu plot anggaran yang banyak untuk jalan ini. Ini demi kebaikan bersama, untuk masyarakat,"terang Riza jauh-jauh hari (Relis)

Post a Comment

Previous Post Next Post