PSHT Kabupaten Blitar Bantu Keluarga ODP Covid-19

Realitakini.com - Kabupaten Blitar.
Perkumpulan Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) Kabupaten Blitar yang dimotori pengacara kondang Agung Hadiono memberikan bantuan berupa sembako kepada keluarga Orang Dalam Pantauan (ODP) di Desa Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar Jumat (3/4/2020).

Menurut Agung, apa yang dirasakan keluarga ODP maupun PDP saat ini justru malah menjadi beban berat tersendiri baik psikologi keluarga maupun orangnya itu sendiri, karena selepas masa pemantauan oleh pihak kesehatan dan dinyatakan negatif dari virus covid-19, maka akan ada kecenderungan dikucilkan dari masyarakat sekitar.

"Untuk itu esensinya bukan semata-mata memberikan bantuan, tapi juga mewujudkan kembali moral di masyarakat terhadap orang yang berstatus ODP sehingga keluarganya bisa diterima seperti semula," kata Agung.

Agung juga mengatakan, musuh terbesar kita bukan Covid-19, tetapi rasa kecemasan dan kekhawatiran terhadap individu maupun populasi dari penyebaran virus tersebut.

"Maka dari itu, selayaknya kita merasa ikut prihatin akan hak asasi manusia ketika ada masyarakat yang berstatus ODP yang sedang menjalani karantina sehingga hak-hak asasi mereka bisa diterima oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara, Kepala Desa Karangsono Nanggalo Yudho mengapresiasi niat baik perkumoulan PSHT dengan pemberian bantuan kepada keluarga ODP dan 11 orang yang dikarantina di Desa Karangsono.

"Semoga bantuan yang telah diberikan ini dapat meringankan beban ekonomi mereka," ucap Kades.

"Kami selaku Pemeritah Desa Karangsono mengucapkan banyak terima kasih, semoga apa yang sudah dilakukan keluarga besar PSHT ini dapat dijadikan contoh karena ini merupakan tanggungjawab kita semua," pungkas Kades.(Edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post