Bupati Tanah Datar Buka Secara Resmi MTQ Ke-V Tingkat Kecamatan Lintau Buo Utara

Realitakini.com Tanah Datar                                    
Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan Lintau Buo Utara yang akan digelar selama tiga hari dari tanggal 13 - 15 Oktober  yang diikuti sebanyak 67 peserta dari Lima Nagari, Jumat (13/10/2023) di Nagari Balai Tangah. 

Dalam giat tersebut turut dihadiri Anggota DPRD  Sumbar Jefri Masrul, anggota DPRD Tanah Datar Arianto, Forkopimda, kepala Kemenag Tanah Datar, Ketua TP-PKK Ny Lise Eka Putra, Kepala OPD, Forkopimca, camat Arif Gani, Wali nagari se Lintau Buo Utara, Tokoh masyarakat Masrul Yakin, BPRN, Ketua KAN, tokoh agama, tokoh perantau, cadiak pandai, unsur pemuda, bundo Kanduang dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Wali Nagari Balai Tangah Desheri menyampaikan ucapan Terima kasih kepada semua unsur, panitia pelaksana dan perantau yang sudah turut mendukung kegiatan pelaksanaan MTQ tersebut. 

"Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang sudah turut serta dalam mendukung kegiatan ini sehingga bisa terlaksana, dan juga kepada perantau yang selalu memberikan motivasi kepada kami di kampung untuk kegiatan MTQ ini tanpa motivasi doa bahkan materi pun juga dibantu oleh perantau kita, untuk itu kami atas nama pemerintah Nagari mengucapkan terima kasih atas motivasi yang selalu diberikan ke kami di Nagari, "ujarnya.

Sebelumnya panitia pelaksana dalam sambutannya menyampaikan ada 67 peserta yang akan turut serta dalam  18 cabang perlombaan, dengan tema kegiatan adalah menjadikan Alquran sebagai pegangan hidup dan jati diri menuju Nagari yang beriman demi generasi berikutnya yang religius dan berkualitas. 

Sementara itu mewakili kepala kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tanah Datar Helmi Zuldi mengatakan kecamatan Lintau Buo Utara banyak menciptakan kafilah kafilah yang sudah berhasil di tingkat kabupaten provinsi dan nasional. 

"Dalam catatan kami kecamatan Lintau Buo Utara adalah nomor urut ke 12 dalam melaksanakan MTQ dengan artian ada dua kecamatan yang belum melaksanakan MTQ yaitu kecamatan Padang Ganting dan kecamatan Tanjung Baru," ujarnya. 

Menurut Helmi sesuai dengan program unggulan menjadikan Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfiz dengan Satu Rumah satu Hafidz untuk mencapai tujuan visi dan misi itu diperlukan kerja keras karena menurut Helmi masih banyak permasalahan salah satunya kabupaten dengan tingginya angka perceraian di Sumatra Barat. 

"Semoga dengan moment pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Lintau Buo Utara ini kita berharap hal seperti itu bisa diminimalizir karena dengan adanya MTQ akan membawa dampak positif bagi sosial kemasyarakatan, " tukasnya. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra Dalam Sambutannya menyampaikan ucapan Terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak ketua panitia acaranya yang luar biasa serta perantau yang turut 

"Terima kasih untuk panitia beserta jajarannya beserta pengurus dan perantau, Alhamdulillah Banyak yang hadir dari Jabodetabek dari Riau dari Jambi terima kasih atas kehadirannya mensukseskan acara MTQ ke-5 kecamatan Lintau Buo Utara," kata Bupati. 

Lebih lanjut Bupati Eka Putra mengatakan di zaman digital ini  tidak gampang untuk membentuk generasi, untuk itu bupati juga mengungkapkan rasa Terima kasih kepada Guru, ulama dan guru TPSA kita sudah menciptakan Hafidz yang hapal dan cinta al quran. 

"Semoga kita semua menjadi insan yang cinta Alquran karena yang kita adakan hari ini adalah bagaimana membentuk generasi kita supaya  cinta kepada alquranul Karim dan menghasilkan kafilah kafilah yang nantinya bisa membawa nama kabupaten Tanah Datar di tingkat provinsi ataupun nasional, " tukas Eka Putra. (**) 

Mailis

1 Comments

Previous Post Next Post