TMMD, Siasat Pertahanan Negara Dari Desa



Realitakini.com Kapuas,- Pertahanan negara bukan hanya menjadi kewajiban prajurit TNI, yang berada di garda depan. Setiap anak bangsa tak kalah berperan penting untuk menjaga kedaulatan dari ancaman yang menggangu keutuhan bangsa.


Oleh karenanya, semangat nasionalisme perlu terus ditumbuhkan di segala lapisan masyarakat sejak usia dini. Prajurit TNI memiliki siasat cerdas melakukan pembinaan masyarakat dalam ketahanan negara yang dimulai dari tingkat Desa.


Program TNI Manunggal Masyarakat Desa (TMMD) yang selama ini berjalan, tak sekadar bergerak pada pembangunan fisik melainkan juga nonfisik. Prajurit TNI juga melakukan pemberdayaan ekonomi, pertanian, pendidikan, serta kesehatan.


TMMD Reguler ke- 110 di wilayah Kodim Kapuas di Desa Saka Lagun merupakan contoh kongkritnya.  Selama satu bulan, prajurit TNI terjun ke masyarakat untuk melaksanakan beragam kegiatan.


“TMMD yang berlangsung selama satu bulan mewujudkan kebersamaan para prajurit Kodim 1011/klk, pemerintah daerah, dan segenap komponen masyarakat,” kata Dansatgas, Letkol infantri Ari Bayu Saputro, Rabu (31/03/2021).


“Mereka saling bahu-membahu menciptakan sinergitas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara,” tambah Dandim.


Dia menambahkan, TMMD merupakan wujud pengabdian TNI untuk turut serta mempercepat pembangunan di daerah dan tercapainya kesejahteraan bagi rakyat. Untuk itu, pelaksanaan TMMD membutuhkan sinergitas semua pihak baik pemerintah maupun swasta.


"Kita semua berharap TMMD ini tepat sasaran dan hasilnya benar-benar bisa dirasakan. Kita tidak bisa jalan sendiri, oleh karenanya masyarakat dan semua komponen bangsa ini harus ikut membantu," imbuhnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post