Mentri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno Kunjungi Desa Wisata Kampung Minang Nagari Sumpu

Realitakini.com Tanah Datar                              -
Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno  bersama Tim Penilai Anugrah Desa Wisata Indonesia mengunjungi Nagari Sumpu Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (28/08/2021).

Kehadiran Menteri Parekraf didampingi juga oleh Istri Nur Asia merupakan suatu kebanggaan sendiri bagi masyarakat Tanah  Datar khususnya warga Nagari Sumpu. betapa tidak dalam kesempatan itu  tim penilai menyampaikan jika Desa Wisata Kampung Minang Nagari Sumpu masuk nominasi 50 Besar.

Hadir dalam penyambutan itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu, SE, Anggota DPRD Kamrita, Ketua TP-PKK Lise Eka Putra, OPD, Kadis Parpora Abdul Hakim, Forkopimca, Walinagari Ade Endriko, Ketua TP-PKK Nagari Yenita Ade Endriko, Tokoh masyarakat, Pemuda, Bundo Kanduang serta Masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Kadis Parpora Abdul Hakim menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sandiaga Salahuddin yang turun langsung bersama Tim Penilai dalam ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia.

"Terima kasih saya ucapkan kepada Mas Mentri yang telah hadir langsung ke Desa Wisata Kampung Minang Nagari Sumpu ini, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami dengan hadirnya Mas Mentri disini," sampai Abdul Hakim.

Sementara itu Walinagari Sumpu Ade Endriko Dt Sari Pado Ketek dalam sambutannya menyampaikan Nagari Sumpu memiliki 5 jorong dengan rata-rata masyarakatnya adalah petani dan nelayan.

"Ada 5 Jorong di Nagari Sumpu yaitu Jorong Nagari, Jorong Batu Balago, Jorong Kubu Gadang, Jorong Sudut dan Jorong Seberang dan ada 3 rumah gadang untuk home stay yang memiliki fasilitas-fasilitas fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung, untuk itu sebagai Walinagari saya merasa sangat bangga sekali dengan kunjungan dari Mas Mentri," ujarnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata (Mpokdarwis) dalam paparannya menyampaikan dari 5 jorong yang ada di nagari Sumpu masing-masing memiliki tempat wisata sendiri yang bisa dilihat di tiap jorong tersebut serta meningkatkan ekonomi kreatif dengan UMKM seperti kuliner serta kerajinan fashion, dan sulaman. 

"Dengan adanya Anugrah Desa Wisata, kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Mentri dengan adanya penilaian itu  menjadikan semangat bagi kami untuk meningkatkan dan melangkah lebih giat lagi sebagai pelaku pariwisata," tuturnya.

Menurutnya dari 7 kategori desa wisata wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner, dan wisata edukasi. Selain memiliki 3  Homestay rumah gadang yang memiliki fasilitasnya Nagari Sumpu juga memiliki tempat wisata seperti tapian Danau Singkarak, Air terjun, Air Manggarubuek, peninggalan- peninggalan sejarah dibeberapa Lokasi Desa Wisata Kampung Minang Nagari Sumpu.(M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama