Bupati Blitar Membuka Diklat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2023 Kabupaten Blitar

Realitakini.com-Blitar
Bupati Blitar Rini Syarifah membuka Pendidikan dan Latihan ( Diklat ) Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2023 Kabupaten Blitar. Pemerintah Kabupaten Blitar  menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menginisiasi kegiatan ini, khususnya kepada BPSDM Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan fasilitasi sehingga kegiatan ini dapat kita laksanakan di Kabupaten Blitar,pada Selasa  (11/7/2023).

Keberhasilan dan kesuksesan pembangunan di Kabupaten Blitar salah satunya dipengaruhi oleh efektifitas pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah, kesuksesan tersebut sangat pula ditentukan oleh kualitas dan kuantitas SDM sebagai pelaku pelaksanaan pengadaan barang/jasa. 

Kualitas atau profesionalisme ASN tersebut ditandai dengan terpenuhinya kompetensi dan integritas dalam pengadaan barang/jasa pemerintah yang berjalan efektif dan efisien tidak menyimpang dari ketentuan yang berlaku. 

Faktor utama keberhasilan atau sebaliknya kegagalan proses pengadaan adalah faktor SDM pelaksanan nya, dimana kegagalan dapat berdampak pada terjadinya pemborosan serta kerugian keuangan negara dan dapat juga berdampak pada proses hukum,"tegas Bupati Blitar Rini Syariah.

Mak Rini percaya sepenuhnya setelah selesai mengikuti kegiatan diklat ini saudara akan dapat me ningkatkan kemampuan sehingga akan menjadi ASN yang berkualitas, berdedikasi tinggi, positif dan profesional. 

Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan bahwa Sepanjang Tahun 2022 banyak sekali dikeluar kan kebijakan nasional tentang katalog elektronik, seperti Instruksi Presiden, surat edaran Mendagri dan Kepala LKPP, surat edaran Kepala LKPP, surat edaran KPK,"jelas Mak Rini panggilan akrab Bupati Blitar Rini Syarifah.


Rini Syarifah menambahkan,guna mendukung hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Blitar juga me ngeluarkan kebijakan daerah yang menghimbau kepada perangkat daerah untuk memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri khususnya produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi melalui e-purchasing pada katalog elektronik lokal Kabupaten Blitar, 

Merencanakan, mengalokasikan dan merealisasikan untuk menggunakan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi.Menggunakan produk dalam negeri yang telah memiliki nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Dan Alhamdulillah, berkat kerja keras, sinergi, dan kolaborasi semua pihak, capaian transaksi katalog elektronik lokal Kabupaten Blitar Tahun 2022 berhasil memperoleh 2 (dua) kategori tingkat nasional,yaitu Kabupaten dengan nilai transaksi katalog lokal terbesar dan Kabupaten dengan proporsi transaksi katalog lokal terhadap belanja pengadaan terbesar," tambahnya.

Sebelum menutup sambutan Bupati Blitar Rini Syarifah mengingatkan bahwa Kabupaten Blitar telah memperoleh opini dari BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 7 kali berturut-turut. Tentunya ini men jadi saiah satu indikator penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Blitar sudah berjalan dengan baik. 

Berharap ini bisa dipertahankan dengan meminimalisir catatan dari BPK. Selain itu, kita juga harus terus melahirkan inovasi guna percepatan pelayanan publik. ASN harus lincah, kreatif dan inovtif, "harapnya.Perlu diketahui Diklat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2023 Kabupaten Blitar dengan menghadirkan narasumber BPSDM Propinsi Jatim Juli Winarto.
(kmf/ edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post