Jumat Curhat Bupati Eka Putra Kunjungi Pondok Tahfizh, Yatim Dan Dhuafa Assyifah


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM  didampingi ketua TP-PKK Lise Eka Putra, Jumat curhat bersama santri yatim dan dhuafa Pondok Tahfidz Yatim dan Dhuafa Assyifa, Jumat (14/07/2023) di Dusun Tuo Kumango Selatan Nagari Kumango kecamatan Sungai Tarab. 

Sebelumnya dalam sambutannya Ketua Yayasan Istana Yatim Assyifa Ustad Robby Sugara mengatakan ada sebanyak 21 anak yang  dirawat di tempat itu namun yang tinggal di pondok hanya 16 anak karena selebihnya tinggal dan sekolah di luar daerah. 

"Ada tiga ustad dan tiga ustadzah yang membantu, Bangunan panti kami masih semi permanen, ini kami bangun hasil dari sumbangan para donatur. Sedangkan tanah lokasi panti merupakan tanah wakaf dari keluarga bapak Ronaldo," ujarnya. 

Sementara itu bupati Tanah Datar Eka Putra, dalam sambutannya menyampaikan ada 14 jumlah panti asuhan yang sudah mendapatkan dana bantuan hibah dari pemerintah daerah untuk itu ia berharap kepada pengurus untuk melengkapi persyaratan agar tahun depan bisa mendapatkan dana hibah. 

"Pemerintah Daerah selalu siap mendukung, namun harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Sampai saat ini di Tanah Datar ada 14 panti asuhan sudah dibantu dibantu pemerintah, untuk itu segera urus izin, Insya Alah Pemerintah Daerah mendukung, " kata bupati. 

Lebih lanjut bupati juga menyampaikan kalau dulunya sehari-hari bergaul dengan anak-anak panti, karena Ibu beliau juga pengasuh Panti Asuhan Aisyiyah Tanjung Bonai Lintau. 

"Bagi anak-anak penghafal Al-Quran, kalau hafizh 30 juz   seluruh biaya kuliah di kedokteran gratis ditanggung pemerintah. Kalau hafal 3 juz digratiskan biaya masuk UIN Mahmud Yunus Batusangkar," sampai bupati dalam motivasinya kepada anak-anak Pondok Tahfizh dan Yatim Assyfah.

Dalam kesempatan tersebut bupati berjanji akan memberikan jatah gajinya 1 juta perbulan untuk membantu Panti asuhan tersebut. dan acara dilanjutkan dengan tanya jawab antara bupati dan para santri. (**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post