Pertama Di Tanah Datar, Nagari Tanjung Launching Aplikasi Digital Simponi

Realitakini.com Tanah Datar                                     -
Nagari Tanjung Kecamatan Sungayang kabupaten Tanah Datar Launching Pelayanan Digital dengan nama aplikasi Sistim Informasi dan Pelayanan Nagari di Ujung Jari (Simponi), Kamis (02/05/2025) di Kantor wali nagari setempat. 

Launching pelayanan digital simponi dilakukan secara resmi oleh Bupati Eka Putra, SE, MM  dan turut dihadiri oleh Anggota DPRD Tanah Datar Khairul Abdi, kepala OPD, Forkopimca, Camat Dirut PDAM M. Naswira, Kepala OPD, Ketua FKWN/APDESi Genta Maulana Akbar, Para Wali Nagari, ninik mamak, cadiak pandai, tokoh pemuda, bundo kanduang dan masyarakat. 

Dalam sambutannya Wali Nagari Tanjung Ridwan Amri menyampaikan sistim informasi dan pelayanan Nagari yang disebut Simponi di era digital sangat penting dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien dan transparantransparan dan merupakan aplikasi pelayanan Nagari pertama yang ada di kabupaten Tanah Datar. 

"Nagari Tanjung dengan aplikasi pelayanan Nagari digital yaitu sistim informasi dan pelayanan Nagari yang kami singkat  Simponi, sistim informasi Nagari sangat penting dalam aspek kehidupan termasuk aspek pemerintahan, " ujar. 

Lebih lanjut Wali Nagari berharapkan sistim informasi Simponi diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik terintegrasi dengan data kependudukan, ekonomi , pembangunan dan aspek relevan lainnya. Dan Simponi diharapkan hadir sebagai solusi terbaik dalam pelayanan Nagari dengan berbagai fitur aplikasinya dengan hanya menggunakan waktu 15 detik sampai 30 detik.

Sementara itu dalam sambutannya Jhony sebagai perancang sekaligus pembuat aplikasi Simponi dalam sambutannya menyampaikan aplikasi yang dimulai pada November 2023 dan selesai pada 23 Maret Tahun 2024.

"Peluncuran aplikasi sistim Informasi dan pelayanan Nagari, adalah sebuah aplikasi yang sangat mudah digunakan dengan berbagai fitur yang mempermudah masyarakat untuk mengakses pelayanan publik, dan aplikasi Simponi juga merupakan visi dan misinya wali nagari dalam memberikan kemudahan dalam pelayanan masyarakat yang berbasis digital. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra, dalam sambutannya menyanpaikan apresiasi kepada pemerintah Nagari Tanjung yang sudah memiliki  aplikasi pelayanan publik sendiri dan itu pertama di Kabupaten Tanah Datar. 

"Sebagai pemerintah daerah saya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah nagari Tanjung yang sudah memiliki inovasi pelayanan berbasis digital dengan nama Sistim informasi dan pelayanan Nagari di ujung jari atau Simponi ini sangat luar biasa, karena sejalan dengan program pemerintah daerah dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, " kata bupati. 

Bupati juga menyampaikan dengan adanya aplikasi Simponi maka pemerintah kabupaten akan mudah mengakses informasi data dari Nagari, baik dalam data kependudukan, ekonomi, program unggulan, secara mudah dan efesien seperti masyarakat yang kurang mampu yang belum dapat BPJS, begitu juga masih adakah masyarakat kita yang tidak sekolah karena tidak mempunyai biaya. 

"Dengan Launchingnya aplikasi Simponi di Nagari Tanjung ini, akan menjadi motivasi bagi Nagari lain untuk bisa memiliki juga aplikasi sejenis, untuk itu kita berharap kepada ketua FKWN atau APDESI bisa mensosialisasikan aplikasi pelayanan berbasis digital, " tukas Bupati Eka Putra. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post