Breaking News
Join This Site

KPU Sumatera Barat

BPJS Kesehatan Padang Panjang Bentuk Unit Klaim Khusus

BPJS Kesehatan Padang Panjang Bentuk Unit Klaim Khusus

 Realitakini.com-Padang Panjang
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, membentuk unit klaim khusus di rumah sakit yang bermitra."Di rumah sakit yang bekerja sama, sudah ada satu ruangan yang menangani klaim khusus dari rumah sakit tersebut," kata Kepala Kantor Layanan BPJS Kesehatan Padang Panjang Hendra di Padang Panjang, Selasa.Ia mengatakan, dengan adanya unit klaim khusus itu, setiap tagihan yang diajukan sesuai dengan aturan dari rumah sakit tersebut, dibayarkan dapat selalu tepat waktu.

"Semua tagihan dari rumah sakit bisa dibayarkan selagi sesuai dengan ketentuan. Tidak ada keterlambatan dari BPJS Kesehatan Padang Panjang," ujarnya.
Untuk unit klaim itu katanya, ada dua rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. "Unit klaim itu sudah ada di rumah sakit Yarsi dan Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang," katanya.Peserta BPJS Kesehatan di Padang Panjang saat ini berjumlah 43.459 orang dari jumlah total penduduk 49.451 orang yang terdiri dari berbagai kalangan.Peserta BPJS Kesehatan dari kalangan PNS sebanyak 12.286 orang, TNI 420 orang, Polri 1.091 orang, badan usaha 3.694 orang, mandiri atau perseorangan 4.990 orang, pensiunan 3.037 rang, PBI dari APBD sebanyak 3.931 orang, dan PBI dari APBN sebanyak 13.793 orang.

"Jumlah peserta sudah hampir 90 persen dari jumlah penduduk Padang Panjang. Masyarakat cukup antusias menjadi peserta," katanya.Peserta BPJS di Padang Panjang Khairatun Hisanun merasa terbantu dengan jaminan kesehatan tersebut selama ini. "Kalau tidak menjadi peserta BPJS, entah berapa uang yang akan dikeluarkan untuk berobat selama ini," katanya.Masyarakat lainnya Amlis juga sangat bersyukur menjadi peserta BPJS, karena tidak mengeluarkan biaya dalam berobat selama ini."Saya saat ini melakukan cuci darah secara berkala ke Rumah sakit untung menjadi peserta BPJS, kalau tidak saya tidak sanggup membayarnya hingga puluhan juta," sebutnya.Anggota DPRD Padang Panjang Hendra Saputra mengaharap fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. (*)

 



Sukseskan Asian Games 2018