Follow Us

header ads

Warga dan TNI Semakin Menjadi Keluarga di Lokasi TMMD Reguler Brebes

 


Realitakini.com-Brebes,

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, mempunyai dua sasaran utamanya, yaitu fisik atau infrastruktur dan non fisik yang berupa penyuluhan, sosialisasi dan pelatihan kepada warga sasaran program, warga Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.


Selain kedua sasaran tersebut, sasaran terkandung TMMD yang juga dibangun adalah kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk ikut membangun desanya, kemanunggalan TNI-Rakyat, serta membangun sinergi antara TNI-Polri, Pemkab, dan segenap Ormas di wilayah Kabupaten Brebes, umumnya.


Sementara untuk pembangunan kemanunggalan TNI dengan rakyat itu, Satgas TMMD Reguler harus rajin menjalin kedekatan dengan warga setempat selama bertugas di Kalinusu.


Tampak sejumlah anggota Satgas TMMD Reguler sedang menjalin kedekatan dengan warga Kalinusu, baik saat bekerja di lokasi pembangunan jalan TMMD 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, istirahat kerja, maupun silaturahmi door to door di rumah warga. Jumat (25/9/2020).


Dijelaskan Serda Sarwadi (42), salah satu anggota Satgas TMMD, walaupun masih situasional pandemi covid-19, upaya mendekatkan diri dengan masyarakat terus dilakukan untuk menciptakan target kemanunggalan dengan masyarakat.


“Sesuai protokol kesehatan kita harus membuat jarak, namun bukan berarti menjauhi masyarakat,” ujarnya.


Dijelaskannya lanjut, protokol kesehatan tentang pemakaian masker tetap dikedepankan karena juga untuk memberikan ketenangan kepada warga.


Dengan cara itu diharapkan dalam sepekan pelaksanaan TMMD, sudah terjalin kedekatan emosional keluarga antara TNI dan warga. Menurutnya juga, untuk merebut hati rakyat memang diperlukan usaha dan kreativitas di lapangan, diantaranya melalui komsos dan penggalangan terbatas, dimana kesemuanya bermuara pada satu tujuan yaitu terciptanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.


“Jika masyarakat setempat menyatu dengan Satgas TMMD Reguler, maka pekerjaan yang ditargetkan bagi Satgas TMMD selama satu bulan, akan selesai sebelum TMMD ditutup 21 Oktober 2020 mendatang,” pungkasnya. (Rus/Aan/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom