Kejar Target di Jalan TMMD Sendang Kulon, TNI Datangkan Alas Plastik

 


 
KENDAL – Sejumlah TNI anggota Satgas TMMD reguler ke-109 Kodim 0715/Kendal dengan dibantu warga terus kebut pengecoran jalan yang merupakan sasaran utama TMMD di Desa Sendang Kulon Kecamatan Kangkung,Kabupaten Kendal.
 
Di setiap harinya, Satgas TNI bersama masyarakat bergotong-royong melaksanakan pengecoran jalan sepanjang 1.200 Meter yang sampai di paroh waktu pelaksanaan TMMD sudah mencapai  70 persen.
 
Mengingat untuk mengejar target, dimana jalan harus selesai sebelum TMMD usai, TNI datangkan plastik alas cor. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan alas cor sampai batas akhir pengecoran kelak.
 
Kapten Cpl Esti Purwanto mengungkapkan, cuaca yang panas di wilayah pesisir pantai Utara juga sangat mendukung pekerjaan pengecoran jalan tersebut. Plastik digelar sebagai alas cor beton yang berhubungan dengan tanah, fungsinya untuk menahan agar air semen tidak merembes kedalam tanah serta untuk menahan agar uap maupun air tidak langsung masuk ke pori-pori cor.
 
‘’Termasuk juga menghindari air campuran semen pada material cor tidak hilang karena meresap ke dalam tanah,” jelas Kapten Cpl Esti Purwanto.
 
Dikemukakan, keuntungan menggunakan plastik sebagai alas cor beton, biaya jadi lebih murah,waktu pemasangannya lebih cepat karena pengadaan material plastik tergolong mudah didapat.
 
‘’Namun demikian juga ada kerugian menggunakan alas plastik, yakni rawan sobek saat proses pelaksanaan pengerjaan diatasnya kena material cor beton atau aktifitas pekerja.Sobeknya plastik dapat membuat kegagalan fungsinya sebagai alas yang menahan agar air semen tidak merembes ke tanah, ”  tambah  Kapten Cpl Esti Purwanto. (Pendim 0715/Kendal)

Post a Comment

Previous Post Next Post