Pesisir Selatan Perangi Narkoba Melalui Program Nagari Bersinar

Realitakini.com-Pesisir Selatan
Untuk membentengi agar kalangan generasi muda sebagai penerus bangsa terbebas dari ancaman narkotika dan obat/bahan berbahaya (Narkoba), Pemerintah Kabupaten  Pesisir Selatan  canangkan program Nagari Bersih Narkoba (Bersinar).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB) Pessel, Wendi, kepada pesisirselatan.go.id Selasa (23/2) di Painan.

Dijelaskannya bahwa untuk menunjang agar program Bersinar itu bisa terlaksana di setiap nagari, maka Pemerintahan Nagari (Pemnag) dapat mengalokasikan anggarannya dari Dana Desa (DD).

"Anggaran yang bisa diambil atau dialokasikan melalui dana desa itu, maksimal Rp 20 juta per tahun. Kebaradaan dana itu adalah untuk menunjang berbagai kegiatan positif bagi kalangan remaja, termasuk juga sosialisasi dan seminar tentang bahaya narkoba," ujarnya.

Dia berharap melalui program Bersinar itu rasa kuatir atau ketakutan orang tua terhadap remajanya dalam bergaul yang bisa menyesatkan bisa ditekan.

"Dari itu saya menghimbau kepada semua Pemerintahan Nagari di daerah ini agar dapat mengalokasi kan anggarannya untuk mensukseskan program Bersinar ini. Sebab benteng kekuatan daerah itu memang dimulai dari tingkat terendah, yakni nagari. Jika nagari terjaga, maka daerah akan aman dan damai," ungkapnya.

Ditambahkan lagi bahwa di tahun pertama pencanangan program Bersinar itu, pihaknya memang tidak akan terlalu memaksakan bagi nagari yang belum memiliki kesanggupan.

"Saya katakan demikian, karena Covid-19 yang belum mereda sebagaimana saat ini, nagari juga masih dibebankan dengan penyediaan anggaran pencegahan Covid-19 sebesar delapan persen dari dana desa diluar BLT. Dan ini sifatnya wajib. Walau demikian, bagi nagari yang memiliki kesanggupan, kita akan memberikan dorongan agar program ini juga bisa berjalan maksimal di Pessel," tutupnya. (r,kmf/Rk)


Post a Comment

Previous Post Next Post