Virtual Walikota Solok Bersama, walikota Bekasi, Paparkan Konsep Smart City

Realitakini.com- Kota  Solok
 
Walikota Solok Zul Elfian Umar ikuti pertemuan secara virtual bersama Walikota Bekasi, dan Walikota Semarang yang dikemas dalam acara "NGOBROL KOTA" bersama Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng, bertempat di e-Monitoring Room Balaikota Solok, Selasa (2/11/2021).

Suhono Harso Supangkat merupakan Guru Besar Sekolah Teknik Elekro dan Informatika (STEI) ITB. Beliau inisiator sebuah sistem jaringan informasi di suatu kawasan yang dikenal dengan Smart City Initiatives Indonesia.

Didampingi Kepala Balitbang Jonedi, Plt. Kepala Bappeda Hendrizal, Plt. Kepala Dinas Kominfo Lusya Adelina, Walikota dalam paparannya menyampaikan proses pencapaian program smartcity di Kota Solok, sebagai bagian dari visi "Terwujudnya Kota Solok yang diberkahi, Maju dan Sejahtera melalui Pengembangan Sektor Perdagangan dan Jasa yang Modern". 

"Tugas pemerintah sebagai fasilittor untuk mensupport kebutuhan masyarakat, salah satunya menunjang proses digitalisasi untuk mempermudah aktifitas masyarakat," sebut Zul Elfian Umar.

Lebih lanjut Walikota Solok menyebutkan bahwa di Kota Solok, proses digitalisasi sebagai penunjang aktifitas masyarakat tidak hanya pada pelayanan publik dan teknologi informasi di lingkungan pemerintah an, tetapi Pemko Solok juga meningkatkan peran mesjid selain tempat ibadah juga sebagai pusat per kembangan ekononi syariah, dan lembaga pendidikan kaum muda. Maka dari itu dibutuhkan media digital untuk menarik interest dari kaum milenial.

"Selain pencapaian digitalisasi di ruang pelayanan publik, Pemko Solok juga sedang mempersiapkan mesjid-mesjid menjadi sarana pengembangan ekonomi syariah, yang memakai teknologi digitalisasi agar masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan informasi yang lansung bisa diakses oleh masyarakat," paparnya. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post