Program Sijunjung Cinta Zakat Sukses Besar, Ketua Baznas Sijunjung Ungkap Rahasianya

Realitakini.com--Sijunjung
Kurang lebih Enam bulan berjalan "Program Sijunjung Cinta Zakat" sukses menaikkan jumlah zakat sebesar 100 juta rupiah dari tahun sebelumnya yang telah disalurkan manfaatnya kepada para mustahik di seluruh wilayah Kabupaten Sijunjung. Hal ini diungkapkan Ketua   Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sijunjung H. Hidayatullah, Lc, MA. Ditemui di Kantor BAZNAS Kabupaten Sijunjung hari Jum'at (31/12/2021) Buya Hidayatullah, demikian biasa disapa mengucapkan syukur dan terima kasih atas kelancaran proses baik mulai dari sosialisasi maupun dukungan penuh dari semua pihak. 

Betapa tidak, dalam kurun waktu yang ter bilang singkat telah terbentuk hampir 80% Unit Pengumpul Zakat (UPZ) diseluruh lini. Mulai dari jajaran Pemdakab, lingkung an Forkopimda, pihak swasta, sekolah bahkan 2/3 Pemerintahan Nagari sudah memiliki UPZ. Beberapa program Baznas diantaranya adalah : 
1. Sijunjung Cerdas terkait bantuan biaya pendidikan.

2. Sijunjung Makmur tentang bantuan bidang perekonomian dan pertanian masyarakat, termasuk bedah rumah dan bantuan biaya renovasi rumah.

3.Sijunjung Peduli yang mengurus bidang sosial seperti pemberian bantuan untuk musibah, bencana, orang terlantar dan kaum dhuafa.

4.Sijunjung Sehat terkait bantuan untuk biaya berobat pasien kurang mampu dan biaya pendampingan untuk keluarga pasien selama masa rawat inap.

5. Sijunjung Taqwa terkait bantuan biaya untuk pembinaan para da'i, mualaf maupun untuk biaya khitanan massal yang rutin digelar setiap tahunnya.

Walaupun demikian "Buya" tetap akan be rupaya yang terbaik untuk tahun 2022. "Ada banyak potensi yang bisa digali dan juga di kelola dari BAZNAS, baik melalui dana Zakat , Infaq, Sedekah maupun sumbangan sosial" ungkapnya. Lebih lanjut Buya menjelaskan bahwa dengan me maksimalkan potensi BAZNAS ini akan ada banyak masyarakat yang terbantu sehingga yang awalnya menjadi mustahik, dengan adanya program-program tersebut diharapkan nanti ikut aktif berzakat. "Yang utamanya tentu untuk penyetaraan kehidup an, adanya biaya berobat bagi pasien darurat bagi yang tidak memiliki BPJS, memberi kesempatan kepada para siswa untuk menuntut ilmu seluas-luasnya tanpa takut terkendala biaya, mengembali kan senyum dan harapan bagi yang tertimpa musibah, sehingga tidak ada lagi jurang pemisah antara yang kaya dengan yang tidak mampu alias si Miskin," ujarnya. 

Kunci Kesuksesan ini adalah penataan dan penguatan struktur dalam BAZNAS, merekrut dua orang tenaga ahli keuangan dan akutansi, silaturahim dan konsolidasi tanpa henti dengan seluruh unsur Pemdakab , Forkopimda, OPD, pihak swasta seperti Bank, pemilik usaha dan lain sebagainya, hingga blusukan ke nagari-nagari. Semua tidak terlepas dari kerja keras tim yang solid dan pantang menyerah.

Buya berharap untuk tahun 2022, BAZNAS Kabupaten Sijunjung makin dicintaisehingga masyarakat berbondong-bondong menyalur kan zakat, infaq, sedekah, maupun sumbang an sosialnya baik melalui UPZ maupun pribadi sehingga bisa mengumpul kan dana sebanyak 6,5 milyar rupiah agar semakin banyak mustahik yang terbantu melalui program dan gebrakan baru nantinya. Untuk mendukung hal tersebut BAZNAS Kabupaten Sijunjung akan meng aktifkan sistem layanan SIMBA yang akan memudah kan akses masyarakat baik yang akan ber zakat ataupun mengontrol zakat, pungkas nya. (Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama