Tanjung Alai 'Menteng'nya Pasaman, Setelah vakum Dua Tahun Sholat Ied Kembali dilaksanakan

Realitakini.com -- Pasaman
Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1443 H/2022 M di halaman kantor bupati Pasaman kembali digelar se telah vakum dua tahun berturut-turut karena pandemi Covid-19.Hal itu disampaikan Bupati Pasaman, H.Benny Utama saat Tim Ramadhan Pemkab Pasaman mengunjungi Masjid Nurul Iman, Tanjung Alai Nagari Pauh Kecamatan Lubuksikaping, Rabu (24/4/2022).

Bupati Pasaman, Benny Utama dalam sambutannya menyampaikan, Masjid Nurul Iman Tanjuang Alai yang dikunjungi di malam ke 19 ramadhan, terletak persis di jantung kota Lubuksikaping, Ibu Kota Kabupaten Pasaman. Baik kantor bupati, gedung DPRD, Mako Polres dan Rumah Sakit Umum Daerah, masuk dalam teritorial kawasan Tanjuang Alai.

"Jika diumpamakan Pasaman ini adalah Jakarta, maka Tanjuang Alai ini adalah 'Menteng'nya Pasaman, " ujar bupati mengumpamakan.Bupati menjelaskan, dilaksanakannya kembali shalat idul fitri di halam an kantor bupati, lantaran wabah pandemi Covid-19 sudah turun di Pasaman. 

"Dua tahun sebelumnya, wabah corona masih sangat tinggi, sehingga sholat ied tidak bisa dilaksanakan secara massal,," kata bupati. 

Namun sekarang, lanjutnya, berkat kedisplinan seluruh komponen masyarakat menerapkan protokol kesehatan dan capaian vasinasi covid-19 yang lumayan tinggi, telah mampu menekan wabah covid 19 di Pasaman. 

"Kita doakan semoga virus corona ini segera habis, dan cepat-cepat pulang ke kampungnya di Chins sana," seloroh bupati, yang disambut galak tawa jamaah tarawih Masjid Nurul Iman.Namun bupati tetap wanti-wanti berpesan, agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan pola hidup sehat  Dan bagi yang belum vaksin, segeralah vaksin, baik vaksin ke 1, 2 dan yang ke tiga boster. 

Ikut diinformasikan program pembangunan jangka pendek dan jangka menengah Kabupaten Pasaman, dalam rangka mewujudkan visi daerah  yakni Terwujudnya Masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat. 

Menutup ceramahnya, bupati menyerahkan bantuan Pemda Pasaman Rp.15 juta ditambah Rp.5 juta dari pribadi H. Benny Utama, serta masing-masing satu juta rupiah dari Bank Nagari dan BRI Lubuk Sikaping.

Baznas Pasaman turut menyerahkan 40 paket bantuan untuk para mustahik di Tanjung Alai, serta 20 kitab suci Alquran dari Kepala Kantor Kemenag Pasaman, Drs. Gusman Piliang.Menurut pengurus Masjid Nurul Iman Tanjung Alai, bantuan Pak Benny dan bantuan Pemda Pasaman serta Bank Nagari dan BRI, akan digunakan untuk pembangunan WC dan tempat berwudhuk. 

Ada hal menarik saat Bupati Pasaman hendak pulang. Sejumlah anak-anak sambil menyodorkan buku catatan ramadhan, langsung mencegat bupati dii pintu keluar masjid. "Minta tandatangan catatan ramadhan tadi Pak," ujar anak-anak usia sekolah dasar itu beramai-ramai. 

"Indak Apak buyanyo doh, itu Pak Ustad yang ceramah tadi," jawab Pak Benny sambil menunjuk Ustad. "Ceramah agama Pak Benny yang kami catat, Apak lah yang tandatangan," desak anak-anak. 

Sambil senyum bahagia, Bupati Pasaman Benny Utama langsung tandatangani buku catatan ramadhan murid SD di sebuah meja kecil di teras masjid.(Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama