Dibuka Bupati Eka Putra, Festival Pesona Tabek Laweh Progul Satu Even Satu Nagari Perdana Di Tahun 2023


Realitakini.com Tanah Datar                               -Dibuka secara resmi oleh Bupati Eka Putra, SE, MM, Festival Pesona Tabek Laweh Nagari Parambahan  kecamatan Lima kaum menjadi event perdana di tahun 2023 dari Program Unggulan (Progul) Satu Event satu nagari, Sabtu (11/03/2023).

Turut hadir Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, wakil ketua DPRD Anton Yondra, Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Bupati Tanah Datar Sisa Jabatan Periode 2016-2021 Zuldafri Darma, Ketua LKAAM Tanah Datar, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar, tokoh masyarakat, bundo kanduang, pemuda dan undangan lainnya.

Sebelumnya dalam sambutan Walinagari Parambahan Robi Yasdi menyampaikan terima kasih telah menjadikan Tobek Loweh Nagari Parambahan sebagai event pertama Progul Satu Nagari Satu Event. 

"Saya atas nama pemerintahan nagari dan masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati dan semua pihak sehingga Festival Pesona Tabek Laweh yang akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 11 sampai 12 Maret Tahun 2023,  bisa terlaksana dengan baik, meskipun kondisi Tobek Loweh masih belum sempurna, namun tentunya ke depan lokasi ini diharapkan menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata di Tanah Datar, karena disamping memiliki wahana air juga mempunyai pemandangan alam yang sangat indah," tuturnya.

Menurut Robi Yasdi Festival Pesona Tabek Laweh akan menampilkan kegiatan seperti ciloteh, alua pasambahan, permainan air, penampilan seni tradisional, pacu rakik batang pisang, lomba layang-layang tingkat provinsi dan beberapa atraksi lainnya. 

Bupati Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaraan Event sudah terangkum dalam kalender pariwisata atau calender of event Tahun 2023 yang sudah launching di Pekanbaru. 

"Kalender event diawali dengan pacu Jawi di Sungai Tarab  dan kecamatan Lima Kaum  dan untuk Progul  satu even satu satu nagari Festival Tabek Laweh di nagari Parambahan kecamatan Lima Kaum menjadi perdana dilaksanakan tahun ini," kata bupati.

Menurut bupati progul satu even satu nagari di harapkan mampu memberikan dampak seperti peningkatan ekonomi. bagi masyarakat  Tanah Datar pada umumnya.

"Dengan adanya Progul ini di samping bisa meningkatkan geliat perekonomian, kuliner, adat dan budaya akan menjadi daya tarik kepada wisatawan untuk berkunjung ke daerah kita," tukas Bupati Eka Putra. (**)

Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post