Hadiri Acara Sarasehan Pengembangan Desa, Bupati Blitar : Desa Semen Punya Banyak Daya Tarik Untuk Wisata Blitar

Realitakini.com- Kabupaten  Blitar
Bupati Blitar Hj Rini Syarifah menghadiri acara Sarasehan Pengembangan Desa dan Pelatihan Penguat an Tata Kelola dan Antar Lembaga Desa Semen Kecamatan Gandusari. Kamis (06/07/2023) di Balai Desa Semen.

Ikut hadir dalam acara tersebut , Dinas Pariwisata Kabupaten Blitar,  perwakilan BCA pusat, Dinas Pariwisata Propinsi Jawa timur, Forkopincam Gandusari, Pendamping dari Universitas Trisakti Jakarta, Kelompok Wisata Puspa Jagad dan Kelompok UMKM Desa Semen .

Dalam sambutanya Bupati Blitar mengatakan, seiring perkembangan jaman yang sertai makin melesat nya tehnologi informasi, telah berdampak berbagi sektor kehidupan, tidak terkecuali bidang pariwisata. 
Kamis (06/07/2023)

Dimana bidang ini sangat digandrungi untuk dikembangkan karena pengembangan wisata ibarat satu paket dengan pengembangan potensi ekonomi lain, sehingga tidak heran jika saat ini bermunculan destinasi wisata baru, mulai dari pedesaan baik itu wisata alami maupun buatan sampai obyek wisata di perkotaan.

"Di Kabupaten Blitar ini ada 18 Desa wisata , dimana salah satunya adalah Desa Semen. Desa wisata ini adalah kebanggaan Kabupaten Blitar karena telah menjuarai Anugerah Desa wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 kategori Desa wisata maju. 

Desa wisata Semen adalah Desa wisata yang sangat ideal dimana potensi wisata alam, budaya, ekonomi kreaktif, UMKM kearifan lokal dipadu menjadi suatu daya tarik wisata yang sangat bagus guna pe ngembangan Desa wisata di Kabupaten Blitar," ungkap Bupati Blitar.

Untuk itu dalam kesempatan ini saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak , khususnya PT. Bank Central Asia Tbk yang telah menginisiasi kegiatan ini sekaligus mensupport Desa Semen sehingga bisa meraih pretasi. 

Sehingga melalui kegiatan ini , diharapkan sinergitas dan kolaburasi terus terjalin dan sebagai pe nyemangat untuk mengembangkan kawasan Desa wisata dengan melibatkan berbagi pihak.

" Kabupaten Blitar yang dikenal dengan sebutan Lands of Kings (tanah para raja ) .Tanah Blitar pada zaman dahulu adalah tanah yang disucikan, dan dari Blitar telah banyak melahirkan pemimpin - pemimpin besar di Nusantara termasuk menjadi tempat peristirahatan terakhir mereka. 

Di Blitar juga menyimpan banyak potensi, untuk potensi wisata di Kabupaten Blitar secara garis besar di bagi menjadi 3 Destinasi pariwisata Kabupaten (DPK), yaitu lereng Kelud Kawi dan sekitarnya di bagian Utara, sungai Brantas dan sekitarnya di bagian tengah dan pantai selatan dan sekitarnya di pantai selatan .

Selain itu, potensi wisata budaya dan sejarah yang cukup banyak dan beragam membuat Kabupaten Blitar semakin menarik untuk di kunjungi ," imbuh Rini Syarifah.Lebih lanjut Rini Syarifah mengata kan, Kecamatan Gandusari saat ini adalah wilayah bagian Utara yang memiliki potensi wisata yang cukup bagus. 

Dengan topografi pada perlintasan lereng gunung Kelud dan lereng gunung Kawi membuat wilayah ini mempunyai banyak sekali daya tarik wisata yaitu antara lain Rambut Monte dan pure Argo Surya di Desa Krisik, Loji pinus dan Pura Argo Sido Langgeng di Desa Tulungrejo.

Ada juga Kampung wisata Ekologi (KWE) Puspa jagad dan Puncak Sekawan di Desa Semen , Kali Kebo di Desa Slumbung dan Blumbanggede di Desa Soso.

"Perkembangan pariwisata di Kabupaten Blitar cukup siniftikan. Hal ini selain ditandai dengan muncul nya destinasi wisata baru juga adanya peningkatan kunjungan wisatawan tahun 2021 sebanyak 1 juta 641 ribu 570 wisatawan, di tahun 2022 sebanyak 2 juta 597 ribu 470 wisatawan.

Artinya ada peningkatan sebesar 58,23% dan Tahun 2023 ini menargetkan 3 juta kunjungan wisatawan . Untuk itu sekali lagi, mari kita berkolaborasi sekaligus memanfaatkan tehnologi untuk membrending seluruh potensi wisata Kabupaten Blitar. 

Hal ini senafas dengan Panca Bakti ke 5 yakni pesona Blitar Raya, jadi Blitar ini makin Kawentar," pungkasBupati Blitar Hj Rini Syarifah. (kmf/ edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post