Musnag Sungayang, Pembangunan Irigasi Jadi Skala Prioritas


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Prioritaskan pembangunan dibidang pertanian berupa sarana irigasi jadi agenda dalam Musyawarah Nagari (Musnag) Sungayang kecamatan Sungayang, Kamis (06/07/2023) di aula serba guna nagari setempat. 

Hal itu disampaikan oleh wali nagari Sungayang Nofri Edison, S. Pd. I, saat memberikan sambutan saat musyawarah nagari Sungayang mengatakan yang menjadi skala prioritas adalah pembangunan untuk kepentingan masyarakat . 

"Untuk rencana pembangunan kedepan kita memprioritaskan pembangunan pada saluran irigasi karena kalau untuk sarana jalan tidak bisa dilaksanakan kecuali ada pembukaan lahan, dan yang diutamakan untuk kepentingan bersama, dari tiga pembangunan irigasi  salah satu sumber dananya berasal dari pokir anggota DPRD provinsi sumbar Dt intan Bano sebesar 130 juta, " ujarnya. 

Sementara itu bupati Tanah Datar dalam amanatnya yang disampaikan Sekrearis Camat (Sekcam) Sungayang Busnika Hamidi, ST, MT mengatakan Kegiatan ini digelar dalam rangka penyusunan perencanaan Nagari yaitu penyusunan RKP 2024 dan Du RKP Tahun 2025,.

"Musyawarah Nagari (musnag) merupahkan agenda rutin Nagari, dan merupakan kegiatan dari BPRN, yang digelar setiap tahun sebagaimana diatur dalam peraturan mentri dalam negeri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Desa, Tanah Datar penyusunan RPJM dan RKP Nagari diatur lebih lanjut dengan Peraturan Bupati Tanah Datar nomor 23 tahun 2019 tentang petunjuk teknis penyusunan Rencana Pemerintah jangka menengah (RPJM) dan Rencana Kerja pemerintah (RKP) Nagari, " jelasnya. 

Lebih lanjut Busnika Hamidi berharap partisipasi semua peserta musyawarah dan unsur masyarakat untuk berperan aktif dalam mendukung dan bekerjasama dalam mewujutkan visi dan misi pemerintah kabupaten Tanah Datar . 

Sebelumnya Musnag dibuka oleh Ketua BPRN Sungayang diwakili Andri Naldi, turut hadiri, Anggota Tim Musyawarah Nagari kabupaten Tanah Datar, Forkopimca kecamatan Sungayang, Camat, walinagari Sungayang Nofri Edison, S.Pd.I, Ketua BPRN, Ketua KAN, lembaga unsur niniak mamak, alim ulama dan cadiak pandai, tokoh masyarakat  dan peserta musyawarah. (**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post