Ketua GNPK Sumbar ,Syaipul Pong:Harap Penegak Hukum Tidaklanjuti Oknum Dalang Dibalik Penemimbunan BBM

Realitakini.com- Padang 
Personel Unit Inteldim 0309/solok berhasil mengrebek penimbunan  ratusan jerigen yang berisikan,BBM bersubsidi jenis Premium ( solar)  yang di timbun (diletakam) dirumah Makan Ayam Kampung yang berada di jalan Lintas sumatra Solok - Jakarta KM 8  Jorong Liamau Kapeh Nagari Guguak Nyambah Kec X Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok, kamis  6  Februari 2020 Pukul 19.30 WIB, Solar tersebut di duga akan di jual  secara illegal.

 Dimana Kronologis kejadian yang di himpun  Realitakini.com dari anaggot GNPK sumbar yang tidak mau di sebutkan namanya yang ada di lokasi penangkapan ketika itu ,mengatakan,” Pada hari Rabu tanggal 5 Februari 2020 Unit Inteldim 0309/Solok mendapat Informasi bahwa ada penimbunan BBM Ilegal yang di langsir dari SPBU pandan dengan menggunakan beberapa mobil angkutan batu bara ke Pemilik rumah makan N : jamalus U : 50 S : Chaniago /Minang A : jorong limau kapeh Guguak nyambah kec Lubuk selasih P : 
wiraswasta A : Islam

Sebelumya unit melakukan observasi dan pendalaman terhadap info dan sumber dari masyarakat atas kegaiatan yg dilakukan sudah hampir 2 bulan di seputaran warung makan yg berada di KM 8 Jorong Guguak nyambah nagari Kec IX Koto Sungai Lasi Kab Solok

Pada hari Kamis tanggal 6 Februari 2020 sekitar pkl 16:00 Anggota Unit Intel kodim 0309/solok melaksanakan pemantauan tentang keberadaan Bbm Ilegal di wilayah kab. Solok. dan didapat 4 unit mobil pengangkut batu bara dengan jenis kendaraan Mobil barang Hino dump truk warna hijau dengan Nopol BK 8461 EO,BK 8809 EI,BK 9628 EP,BK 9572 EN yang sedang mengisi BBM jenis solar dan di Bak belakang Dum truk tersebut masing masing terdapat susunan galon Plastik beirikan solar subsidi hasil dari pencurahan dari Tanki mobil tersebut secara berulang ulang uang di lakukan di rumah makan ayam kampung milik jamalus di jalan Lintas sumatra KM 8 Solok - Jakarta jorong Liamau kapeh nagari Guguak nyambah kec X koto sungai Lasi kab. solok

Pada pkl 17:00 Anggota Unit intel Dim 0309/solok melaksanakan penyergapan terhadap para sopir yang melansir BBM dari SPBU pandan kota solok oleh sopir pengangkut batu bara dari muaro bungo jambi menuju PT semen Padang sumbar tersebut antara lain ter tangkap pelakunya 1. N: Arman U: 24 S :Melatu A: Pasar pelawan Sarolangun Jambi A:Islam P :Kernet 2. N: Amir U: 29 S: Melaya A: Isaam P: Kernet A: surangun telawan 3. N: Giarman U: 43 S: Melayu A: Isaam P: Supir A: surangun relawan 4. N: Yanto U: 37 S: Melayu A: Islam P: Kernet A: surangun relawan III.

Pada pkl 20:00 dibawah pimpinan Dan unit Inteldim 0309/solok Letda Inf Zulkifli beserta anggota Unit inteldim 0309/Solok melaporkan ke Dandim bahwa telah di laksanakan penangkapan BBM  Ilegal yang berjumlah lk 3.500 Liter(3,5ton) dan hasil dari keputusan Dandim laporan ke Danrem 032/Wbr dan petunjuk lanjut agar di koordinasikan ke pihak kepolisian untuk tindak lanjutnya.

Pada pkl 00:10 barang bukti berupa kendaraan dan BBM sudah di bawa ke kantor lantas laing,kemudian permasalah sudah di tangani pihak kepolisian,”ujarnya . Ketua  Gerakan Pemberantasn Korupsi ( GNPK)Sumbar, syaiful pong ,sangat mengapresiasi  dan berteimakasih  sekali   kepada anggota  TNI Intel Kodim 0309/Solok,yang telah  melakukan membantu kepolisian polres solok melakukan  penangkapan  terhadap oknun penimbunan  BBM jenis  solar bersebsidi.  

Ketua GNPK Sumbar Syaiful Pong minta pada bapak Kapolda sumbar, untuk dapat menyelusuri siapa dalang yg sebenarnya di balik pembelian penimbunan minyak solar ini, dan dapat di proses secara hukum untuk di jadikan efek jera bagi yg lain dan kalau dapat kepolisian untuk dapat juga berikan peringatan atau pembertahuan pada SPBU –SPBU, untuk tidak menjual minyak pada oknum-oknum yang tidak pakai izin .

Dan  di harapkan juga kepada pihak Polresta Padang  dan Kapolsek- Kapolsek   untuk menidak SPBU banyaknya menjual minyak premium dan pertalit di luar batas dengan memakai mobil mobil  sedan, kijang yang  yang sudah tidak layak pakai  kareana membuat jalan menjadi  macet ujar Syail Pong .( W)

Post a Comment

Previous Post Next Post