Pemkab Pasaman Adakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan


Realitakini.com - Pasaman.
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasaman melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan Daerah bersama Bendahara Pengeluaran SKPD, di Campago Resort Hotel Bukittinggi, Senin (24/2/2020).
Bimtek yang di buka langsung Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis, SH, M.Si ini, berlangsung selama lima hari, terhitung mulai 24 sampai 28 Febuari 2020.

Mengawali acara, Kepala bagian (Kabag) Keuangan Daerah, M. Roni menyampaikan, "tujuan pelaksanaan bimtek ini, agar bendahara pengeluaran Daerah mendapatkan pembekalan dan pengetahuan tentang proses pengelolaan keuangan Daerah yang baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sehingga, terhindar dari jeratan hukum".

Ia juga menyampaikan, "peserta bimtek sebanyak 41 orang ini adalah bendahara pengeluaran yang berada di SKPD dan kecamatan di lingkungan Pemda Pasaman.

Romi berharap, melalui Bimtek ini, para peserta lebih profesional dan memahami akan hak dan kewajiban sebagai bendahara pengeluaran serta mampu mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan dan bisa dipertanggungjawabkan.
Sementara, Bupati Pasaman menegaskan, kepada semua peserta harus mengikuti bimtek ini dengan baik. Sehingga, pengelolaan keuangan dapat dilakukan secara tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan, agar dapat bermanfaat bagi masyarakat serta taat dalam ketentuan dan perundang undangan yang diwujudkan dalam APBD.

Bimtek ini, kata Bupati, merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pasaman dalam merespon tuntutan publik terhadap tranparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di Daerah.

Okeh sebab itu, pelaksanaan Bimtek kali ini, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas kompetensi peserta dan profesionalitas aparatur pengelola keuangan Daerah dalam menjalankan peran dan fungsi. Sehingga, kinerja pengelolaan keuangan senantiasa konsisten dengan mengedepankan prinsip pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku, demikian harap Bupati Pasaman.

Turut hadir dalam acara tersebut, Inspektur, Ka BKPSDM Anasrullah, SH,MH, Kepala Dinas Kominfo Pasaman Williyam Hutabarat, S.Kom dan Kepala Badan Keuangan Daerah sekaligus panitia pelaksana kegiatan dan narasumber.(Nurman)


Post a Comment

Previous Post Next Post