Puluhan Rumah Layak Huni di Aceh Tenggara Mangkrak

Realitakini.com - Aceh Tenggara.
Pembangunan puluhan rumah layak huni program pengembangan rumah sehat sederhana Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan permukiman tahun 2019 mangkrak.

Puluhan rumah tersebut, terletak di sejumlah Kecamatan dan Desa di Kabupaten Aceh Tenggara antara lain: di wilayah kecamatan Darul Hasanah Desa Pula Pikuk, Kecamatan Lawe Bulan Desa Mbacang Lade, Tenembak Lang-Lang dan Kecamatan Bambel Desa Pula Kedondong.

Berdasarkan hasil investigasi, kendala pembangunan rumah ini karena pelaksana proyek belum siap mengerjakan proyek tersebut. Hal ini dibenarkan salah satu warga Kutacane Den Boy (30thn), Jumat (21/2/2020). Den Boy juga mempertanyakan, kenapa proyek tahun 2019 sampai sekarang belum juga selesai, baik plesteran, pintu ,jendela dan lain lain.

Sementara, PPK Dinas Perkim Aceh Tenggara (Paisal) saat dihubungi melalui telepon selulernya mengaku, kalau rumah yang dibangun sebanyak 141 unit tersebar di sejumlah Desa dan Kecamatan.
Hanya saja Paisal tidak bisa menjelaskan satu persatu, justru ia meminta wartawan untuk melayangkan surat permohonan permintaan data perumahan layak Huni secara langsung ke Dinas di Banda Aceh tempat ia bertugas.

Sebenarnya, kata Paisal, perumahan ini sudah siap di kerjakan oleh rekanan, namun ia tak menyebut siapa rekanan proyek tersebut. Selain itu, ia juga tidak bersedia untuk memberikan keterangan hingga berita ini di unggah, walau pertanyaan para rekan media sudah dikirim melalui pesan WA 

Menanggapi hal ini, anggota DPR Aceh (Yahdi Hasan Ramud) mengatakan, penyaluran rumah bantuan layak huni yang di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, di duga ada pungli.

Maka dari itu, ia meminta kepada pihak penegak hukum untuk mengusut kasus ini dan diproses.  "Karena ini adalah bantuan dari pemerintah Aceh melalui dana Pokok pikiran (pokir) anggota DPR Aceh dapil VIII, sebanyak 50 unit", demikian tegas Yahdi,(Pardi)


Post a Comment

Previous Post Next Post