Hikmah Dibalik Pandemi Covid-19 Oleh : Utsman

Realitakini.com - Kabupaten Malang.
Dalam beberapa pekan terakhir ini, dunia digegerkan dengan virus corona atau covid-19.Dunia pun dibuat kocar-kacir oleh virus yang kali pertama muncul di kota Wuhan (China). Termasuk Indonesia tak luput dari serangan virus mematikan tersebut dan ditetapkan sebagai bencana nasional non alam.

Pemerintah pun tak tinggal diam, dan mengambil langkah-langkah preventif untuk mencegah meluasnya penyebaran covid-19.Virus yang datangnya tiba-tiba tanpa kita tahu siapa yang tertular dan siapa yang menularkan. Pendek kata, virus tersebut membuat dunia mencekam dan ketakutan.

Saya coba merenung sejenak. Dibalik keganasan virus ini, dan ternyata banyak hikmah positif yang bisa kita petik dan saya meyakini, semua itu adalah cara Allah mengingatkan kita agar berbenah diri.
Dengan adanya wabah corona, banyak tempat-tempat maksiat yang rentan penularan seperti bar, klub malam, rumah bordil, kasino dan tempat-tempat maksiat lainnya ditutup. Akibat corona pula, suku bunga bank yang mencekik leher diturunkan.

Corona juga membawa keluarga kembali berkumpul di rumah, melakukan aktifitas bersama di rumah.Corona melemahkan para penguasa dunia yang selama ini sombong dan arogan, corona memindahkan alokasi anggaran militer menjadi anggaran perawatan kesehatan.

Corona membuat manusia banyak berdoa dan berharap kepada-Nya, dan tidak semata-mata mengandalkan sains dan teknologi dan corona, mengajarkan kita untuk hidup sehat, teratur.Pendek kata, corona telah membawa pesan kehidupan, pesan-pesan spiritual, agar kita memperkuat totalitas kepasrahan hanya kepada Allah SWT pemilik kehidupan ini. 

Post a Comment

Previous Post Next Post