Kepala Dinas Sosial Pasbar Menggelar Konferensi Pers Terkait Data Penerima Bantuan

Realitakini.com - Pasaman Barat.
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasaman Barat, Yonisal, melakukan Konferensi Pers tarkait data Penerima bantuan warga miskin akibat terdampak Pandemi Covid-19 di Media Center Covid-19 Kantor Bupati Pasaman Barat, Rabu (29/4/2020).

Yonisal mengatakan Sebanyak 73.735 KK, Keluarga Miskin Calon Penerima bantuan akibat terdampak Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat. Sampai saat sekarang ini masih belum terealisasi, karena Pemerintahan Daerah Kabupaten Pasaman masih melakukan verifikasi data.

"Belum ada bantuan apapun yang di salurkan Pemkab Pasaman Barat. baik itu bantuan dari Pusat, Provinsi, maupun dari kabupaten, karena kita masih dalam proses entri data" ujarnya.

Yonisal, menambahkan bahwa sampai saat sekarang ini pihaknya masih terus melakukan verifikasi data terhadap calon penerima bantuan terdampak Covid-19 ini untuk menghindari adanya data yang Ganda. Karena proses penyeleksian terhadap penerima bantuan terdampak Covid-19 tersebut, para masyarakat miskin yang diluar masyarakat yang telah menerima bantuan program Sembako, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Prakerja.

"Sebanyak 116.000 KK warga, diseluruh Kabupaten Pasaman Barat, dipresentasekan sebanyak 63,56 persennya atau sebanyak 73.735 KK warga akan menerima bantuan tersebut," terang Yonisal.
Lanjutnya ia juga menambahkan, bahwasanya bantuan tersebut dibagi dari berbagai sumber bantuan. Seperti,  sebanyak 13.739 KK calon Penerima Bantuan dari KEMENSOS RI, 10.688 dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, 9.393 dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Alokasi Dana Nagari, direncanakan lebih kurang 15.000 KK dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pasaman Barat.

"Adapun bantuan terdampak Covid-19 tersebut adalah sebesar Rp. 600.000,--, juga bantuan tersebut bisa berupa uang ataupun dalam bentuk sembako," kata Yonisal.


Selain itu, Yonisal juga melanjutkan, yang di utamakan bahwasanya untuk saat sekarang ini, Kabupaten Pasaman Barat masih memiliki Stok Pangan, yaitu sekitar 56 Ton beras yang siap dibagikan untuk warga yang berstatus ODP, PDP atau warga lansia.

"Insyaallah, dalam minggu ini, secepatnya bantuan beras ini akan kita salurkan dan kita bagikan disetiap Kecamatan dan Nagari di Kabupaten Pasaman Barat," papar Yonisal.

"Bahwa Sekitar 63,56 persen warga Pasaman Barat bakal menerima bantuan tersebut."jelasnya

Yonisal meminta Masyarakat tetap tenang karena bantuan itu pasti ada sekarang masih dalam penyesuaian penyusunan regulasi baik dipihak penyalur maupun pihak pemerintah daerah."tambahnya Yonisal menghakhiri. (Izal)

Post a Comment

Previous Post Next Post