Darnia Hilda Berbagi Tips Menjaga Kesehatan Di Tengah Wabah Corona

Realitakini.com-Payakumbuh
Salah seorang petugas kesehatan Darnia Hilda. Amd. Keb yang sehari-hari bertugas di Puskesmas Ibuh kelurahan Ibuh kecamatan Payakumbuh Barat,berbagi tips menjaga kesehatan mental ditengah wabah corona.

Menurutnya saat bincang-bincang santai dengan wartawan, Sabtu (30/5) di Payakumbuh, yaitu batasi konsumsi berita dan selektif terhadap bacaan. “Saat saya merasa cemas, pikiran saya bisa liar dan saya mulai memikirkan kemungkinan terburuk," ujarnya.

Ditambahkan, istirahat dari media sosial dan menutup sumber kecemasan dan rajin cuci tangan tapi jangan berlebihan serta jaga hubungan dengan orang lain, yaitu membatasi jarak sosial memengaruhi kehidupan jutaan manusia di seluruh dunia.

“Hindari merasa kelelahan, karena ditengah pandemi ini diperkirakan akan berlanjut dalam beberapa waktu ke depan, maka penting sekali untuk memiliki waktu istirahat,” sambungnya.

Dijelaskan Darnia, kita juga perlu menyadari dan menerima segala ketidakpastian yang terlintas di pikiran, jangan bereaksi seperti biasanya dan jangan bereaksi sama sekali. Berhenti sejenak dan tarik nafas, perlu menarik diri dengan katakan pada diri anda bahwa ini hanya kekhawatiran anda, dan tidak perlu mengkhawatirkan hal yang belum mewujud. Ini hanyalah perasaan dan pikiran. Jangan percaya semua yang Anda rasakan karena perasaan bukanlah pernyataan atau fakta.

“Lepaskan pikiran dan perasaan karena semua akan berlalu. Anda tak perlu merespons setiap saat.
Jelajahi apa yang terjadi saat ini, karena semua baik-baik saja. Rasakan napas dan sensasi bernafas. Sadari tanah di bawah kaki Anda.

Lihat sekeliling dan rasakan, lalu alihkan perhatian anda pada hal lain, pada apa yang harus anda kerjakan dan bukan pada apa yang anda khawatirkan. Lakukan hal yang perlu Anda lakukan dengan penuh kesadaran,” jelas petugas kesehatan Darnia Hilda selaku garda terdepan menghadapi Covid-19.(YY)

Post a Comment

Previous Post Next Post